Martabat Orang Benar

 



Kamis, 1 Juni 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Ayub 34-36


Ayub 36:7 (TB)  Ia tidak mengalihkan pandangan mata-Nya dari orang benar, tetapi menempatkan mereka untuk selama-lamanya di samping raja-raja di atas takhta, sehingga mereka tinggi martabatnya. 


Mari kita melihat dari beberapa terjemahan yang lain.


Ayub 36:7 (FAYH)  Ia tidak mengabaikan orang yang benar, melainkan menghormati mereka dengan mendudukkan mereka di atas takhta kerajaan dan meninggikan mereka untuk selamanya.


Ayub 36:7 (BIMK)  Orang-orang jujur diperhatikan-Nya, dibuat-Nya mereka berkuasa seperti raja-raja, sehingga mereka dihormati selama-lamanya.


Ayub 36:7 (VMD)  Allah memperhatikan orang yang hidup benar. Ia membiarkan mereka memerintah.


Beberapa hal yang bisa kita pelajari:


1. Orang benar


Berdasarkan ayat-ayat di atas orang benar adalah orang yang jujur, orang yang hidup benar yaitu mentaati firman Tuhan. Atau disebut juga orang yang takut akan Tuhan.


Ada pengajaran mengatakan bahwa orang benar adalah mereka yang dibenarkan oleh Kristus melalui pengorbanan di kayu salib. Iya benar, tetapi iman tanpa perbuatan adalah mati. Artinya jika seorang telah menjadi percaya kepada Kristus tetapi kehidupan sehari-hari tetap berbuat dosa, maka ia tidak menghargai salib Kristus.


Galatia 5:13 (TB)  Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih.


Jadi seseorang yang telah diampuni dan diselamatkan oleh Kristus wajib hidup dengan benar sesuai firman-Nya sebagai wujud ucapan syukur dan penghormatan kepada pengorbanan Tuhan Yesus.


2. Tuhan memperhatikan orang benar.


Dalam waktu yang sama dan di setiap tempat semua ada dalam Kemahatahuan Tuhan. Tetapi ada yang spesial yaitu orang benar dalam perhatian dan pandangan Tuhan secara khusus.


Mazmur 34:16 (TB)  Mata TUHAN tertuju kepada orang-orang benar, dan telinga-Nya kepada teriak mereka minta tolong; 


Mazmur 145:19 (TB)  Ia melakukan kehendak orang-orang yang takut akan Dia, mendengarkan teriak mereka minta tolong dan menyelamatkan mereka. 


3. Orang benar tinggi martabatnya.


Martabat memiliki arti tingkat harkat kemanusiaan atau harga diri. Seseorang yang berdosa martabatnya sangat jauh dari Tuhan. Tetapi ketika ia bertobat dan meninggalkan dosanya kedudukannya dipulihkan, diangkat tinggi dalam persekutuan dengan Allah. Bahkan disebut sebagai anak-anak Allah.


Yohanes 1:12 (TB)  Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya;


Orang benar hidup dalam berkat dan perlindungan Tuhan.

Mazmur 5:12 (TB)  (5-13) Sebab Engkaulah yang memberkati orang benar, ya TUHAN; Engkau memagari dia dengan anugerah-Mu seperti perisai. 


Jangan iri kepada orang fasik atau tergoda dengan cara hidup mereka. Mungkin saja saat ini hidup mereka jaya sekalipun tidak takut akan Tuhan. Tetapi apa yang mereka miliki hanyalah sementara, tidak bernilai kekal. Sebab itu kejarlah kehidupan yang bernilai kekal yaitu percaya kepada Tuhan Yesus dan hidup seturut dengan firman-Nya. Maka kita akan menerima penghormatan dari Tuhan sebagai orang yang hidup benar. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)


Catatan:

FAYH = Firman Allah Yang Hidup

BIMK = Bahasa Indonesia Masa Kini

VMD = Versi Mudah Dibaca





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages