Menolak Yesus?

 



Sabtu, 27 Mei 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Ayub 19-21


Ayub 21:14-15 (TB)  Tetapi kata mereka kepada Allah: Pergilah dari kami! Kami tidak suka mengetahui jalan-jalan-Mu. 

Yang Mahakuasa itu apa, sehingga kami harus beribadah kepada-Nya, dan apa manfaatnya bagi kami, kalau kami memohon kepada-Nya? 


Pernahkah Anda memberitakan Injil atau mengajak seseorang untuk mengenal Tuhan tetapi ia menolak? Di dunia ini banyak orang tahu bahwa Yesus adalah Tuhan tetapi mereka menolak untuk mengenal dan percaya kepada Dia.


Berikut ini beberapa alasan orang menolak Tuhan Yesus, Allah yang Maha Kuasa:


1. Hidup dalam Kenyamanan dan Kemapanan.


Ketika seseorang merasa hidupnya berkelimpahan tidak mengalami masalah maupun penderitaan pada umumnya sulit untuk diajak percaya kepada Tuhan. Mereka memandang hidup secara materi dan tidak bisa melihat dari sisi rohani. Mereka merasa tidak membutuhkan Tuhan. Yesus memberikan perumpamaan tentang orang muda yang kaya.


Matius 19:22-23 (TB)  Ketika orang muda itu mendengar perkataan itu, pergilah ia dengan sedih, sebab banyak hartanya. 

Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sukar sekali bagi seorang kaya untuk masuk ke dalam Kerajaan Sorga.


2. Hidup dalam kepahitan dan kemarahan kepada Tuhan.


Kecewa kepada Tuhan karena merasa Tuhan tidak adil, tidak sayang dan tidak peduli. Luka yang sangat dalam ini menyebabkan seseorang sulit untuk percaya kepada Tuhan. Orang-orang ini kecewa sebab ternyata Tuhan tidak seperti yang mereka harapkan. Mungkin mereka sudah berdoa, beribadah dan berusaha tetapi hasilnya tidak seperti yang mereka harapkan.


Yesus sendiri juga ditolak di daerah asalnya. Pada umumnya mereka yang menolak karena kecewa ternyata Yesus hanyalah anak tukang kayu, bukan dari bangsawan yang mampu menjawab kebutuhan materi mereka.


Matius 13:57 (TB)  Lalu mereka kecewa dan menolak Dia. Maka Yesus berkata kepada mereka: "Seorang nabi dihormati di mana-mana, kecuali di tempat asalnya sendiri dan di rumahnya." 


3. Takut kehilangan kedudukan dan pengikut.


Banyak orang sesungguhnya percaya bahwa Yesus adalah Tuhan, bahkan mereka mengalami pengalaman pribadi. Tetapi mereka menolak Yesus di depan umum karena takut atau tidak berani memikul salib. Di antaranya ditinggalkan, dikucilkan, tidak mendapat pekerjaan ataupun kehilangan posisi/jabatan.


Petrus menyangkal Yesus bukan karena tidak percaya, tetapi takut kepada orang-orang. Ia takut ditangkap karena mengikut Yesus.


Yohanes 18:27 (TB)  Maka Petrus menyangkalnya pula dan ketika itu berkokoklah ayam. 


Apapun keadaan kita, jangan kita memiliki salah satu dari ketiga alasan menolak Tuhan seperti di atas.

Hidup adalah kasih karunia Tuhan, suatu saat kita akan mempertanggungjawabkan hidup kita kepada Tuhan. Sebab itu marilah kita senantiasa percaya kepada Tuhan dan mengiring Tuhan dengan sepenuh hati. Jangan meninggalkan Tuhan karena alasan apapun. Selamat berakhir pekan, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages