Tuhan Memakai Orang Lain Untuk Menolong

 



Kamis, 11 Mei 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Ezra 1-3


Ezra 1:1 (TB)  Pada tahun pertama zaman Koresh, raja negeri Persia, TUHAN menggerakkan hati Koresh, raja Persia itu untuk menggenapkan firman yang diucapkan oleh Yeremia, sehingga disiarkan di seluruh kerajaan Koresh secara lisan dan tulisan pengumuman ini.


Pada saat bangsa Israel ditawan dan dibuang di negeri Persia, Rumah Tuhan yang berada di Yerusalem dalam keadaan reruntuhan. Semua peralatan ibadah telah dirampas dan bangunannya terbakar. Dalam keadaan ini bangsa Israel kehilangan aktifitas kerohanian. Mereka berada dalam situasi kerohanian yang gelap dan berada dalam titik terendah.


Tidak ada seorang pun yang mengira bahwa pemimpin Persia yang berkuasa yaitu Raja Koresh digerakkan Tuhan untuk memulangkan bangsa Israel dengan mandat untuk membangun Rumah Tuhan. Bahkan ia memaklumkan kepada seluruh rakyat Persia untuk membantu mereka dengan barang-barang yang berharga.


Ezra 1:2, 4 (TB)  "Beginilah perintah Koresh, raja Persia: Segala kerajaan di bumi telah dikaruniakan kepadaku oleh TUHAN, Allah semesta langit. Ia menugaskan aku untuk mendirikan rumah bagi-Nya di Yerusalem, yang terletak di Yehuda. 

Dan setiap orang yang tertinggal, di mana pun ia ada sebagai pendatang, harus disokong oleh penduduk setempat dengan perak dan emas, harta benda dan ternak, di samping persembahan sukarela bagi rumah Allah yang ada di Yerusalem." 


Dari kisah di atas kita bisa menyimpulkan bahwa Tuhan sanggup memakai orang lain bahkan orang yang tidak percaya kepada Tuhan untuk menolong umat-Nya yang sedang dalam penderitaan.


Seringkali kita berpikir bahwa keluarga, saudara, sahabat dan teman-teman selalu siap menolong bila kita sedang dalam kesulitan. Tetapi nyatanya tidak semuanya punya hati untuk menolong. Tetapi janganlah kuatir, Tuhan memiliki begitu banyak cara untuk menolong bahkan melalui orang-orang yang tidak kita kenal bahkan orang yang tidak percaya kepada Tuhan. Oleh sebab itu jangan membatasi Tuhan dengan pikiran dan keadaan yang ada. Percayalah Tuhan sanggup menolong melebihi dari apa yang kita pikirkan dan doakan. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. Amin. (PBW)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages