Bukan Perempuan Matre

 



Kamis, 18 Mei 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Ester 1-3


Ester 2:17 (TB)  Maka Ester dikasihi oleh baginda lebih dari pada semua perempuan lain, dan ia beroleh sayang dan kasih baginda lebih dari pada semua anak dara lain, sehingga baginda mengenakan mahkota kerajaan ke atas kepalanya dan mengangkat dia menjadi ratu ganti Wasti. 


Ester adalah salah satu dari sekian banyak gadis-gadis yaitu anak-anak dara yang elok rupanya sedang mengikuti pemilihan untuk menggantikan kedudukan ratu Ester. Di antara begitu banyak gadis yang berkompetisi, raja Ahasyweros mengasihi Ester lebih daripada gadis-gadis yang lain.


Apa yang menjadi rahasia Ester sehingga dipilih oleh raja Ahasyweros?


Ester 2:15 (TB)  Ketika Ester — anak Abihail, yakni saudara ayah Mordekhai yang mengangkat Ester sebagai anak — mendapat giliran untuk masuk menghadap raja, maka ia tidak menghendaki sesuatu apa pun selain dari pada yang dianjurkan oleh Hegai, sida-sida raja, penjaga para perempuan. Maka Ester dapat menimbulkan kasih sayang pada semua orang yang melihat dia. 


Berdasarkan ayat tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa Ester memiliki karakter:


1. Tunduk dan taat - ini merupakan antitesa ratu Wasti yang melawan raja. Karakter ini sangat dibutuhkan oleh raja dan seluruh rakyat sehingga mendatangkan damai sejahtera bagi keluarga dan seluruh kerajaan.


2. Elok sikapnya - Ester bukan hanya cantik secara lahiriah tetapi juga cantik hatinya (manusia batinnya) sehingga menimbulkan kasih sayang semua orang yang melihatnya.


3. Sederhana dan tidak matre - Ester tidak menghendaki apa-apa selain yang dianjurkan oleh Hegai sida-sida yang mengawasi para gadis yang sedang dikarantina. Ini sangat berbeda dengan gadis-gadis lain yang meminta harta, kesenangan dan kedudukan.


Fakta zaman sekarang menunjukkan banyak para gadis yang tampil glamor dalam berbusana, perhiasan atau "outfit" yang melekat padanya. Mereka sering dikenal sebagai perempuan matre. Tetapi justru banyak pria menjauhinya bukan karena tidak cantik dan tidak menarik, melainkan tidak kuat memenuhi kebutuhan dan gaya hidupnya. Karena mencintai dan memilih pasangan hidup bukan untuk sesaat tetapi sepanjang umur. Sebab itu gadis-gadis yang tidak matre dan memiliki "inner beauty" lebih dicari dan disukai daripada yang bergaya hidup mewah. Pesan untuk perempuan, teladanilah karakter Ester. Tuhan akan mengaruniakan kepada Anda kasih dari semua orang. 


Selamat memperingati kenaikan Tuhan Yesus ke Sorga. Selamat beribadah. Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages