Mempelajari Alkitab

 



Kamis, 4 Mei 2023


Bacaan Alkitab Setahun: 2 Tawarikh 16-18


2 Tawarikh 17:9 (TB)  Mereka memberikan pelajaran di Yehuda dengan membawa kitab Taurat TUHAN. Mereka mengelilingi semua kota di Yehuda sambil mengajar rakyat.


Pada zaman Yosafat, raja Yehuda, ia mengutus para pembesarnya yaitu nabi-nabinya dan orang-orang Lewi untuk berkeliling ke seluruh negeri dan mengajarkan Taurat kepada seluruh rakyat. Pada waktu itu Taurat sangat langka karena belum diduplikasi dan hanya para pengajar Taurat saja yang bisa mengaksesnya. Tentu kegiatan pengajaran ini sangat berguna bagi seluruh rakyat untuk memahami firman Tuhan.


Ada masa di daratan China, para penginjil masuk dan membagikan Alkitab sekalipun bila ketahuan pemerintah mereka ditangkap dan dipenjara. Pada beberapa dekade lalu belum ada Alkitab dalam bentuk aplikasi di smartphone. Dalam satu gereja hanya ada satu Alkitab sehingga jemaat berkumpul dan menyalin Alkitab dalam buku catatan mereka. Betapa Alkitab, firman Tuhan menjadi sangat berharga apabila setiap jemaat memiliki kerinduan untuk mempelajarinya.


Dalam zaman modern ini, hampir seluruh jemaat memiliki Alkitab setidaknya ada aplikasi Alkitab dalam smartphone mereka. Tetapi apakah setiap orang Kristen memiliki semangat untuk mempelajarinya? Tak jarang banyak Alkitab menjadi berdebu karena jarang dibuka. Bahkan sekalipun ada aplikasi Alkitab dalam smartphone, jarang dibuka. Lebih sering membuka aplikasi hiburan dan media sosial. Banyak orang melalaikan dan menyepelekan pelajaran pendalaman Alkitab di gereja.


Marilah kita menjadikan Alkitab sebagai berkat Tuhan yang terindah. Alkitab adalah Sabda Allah yang membuat kita bisa mengenal Tuhan dan hidup seturut dengan kehendak-Nya. Peliharalah disiplin untuk membaca dan merenungkan Alkitab setiap hari supaya iman kita kuat dan mengalami janji-janji Tuhan.


Yosua 1:8 (TB)  Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung. 


Selamat beraktifitas, Tuhan Yesus memberkati. Amin. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages