Mentoring

 



Sabtu, 6 Mei 2023


Bacaan Alkitab Setahun: 2 Tawarikh 22-24


2 Tawarikh 24:2 (TB)  Yoas melakukan apa yang benar di mata TUHAN selama hidup imam Yoyada. 


Yoas menjadi raja pada umur tujuh tahun dan empat puluh tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Bukan perkara yang mudah bagi seorang belia menjadi raja. Bukan pula waktu yang singkat memerintah selama empat puluh tahun.


Apa yang menjadi rahasia kesuksesan Yoas?


1. Yoas melakukan apa yang benar di mata Tuhan.


Tidak seperti raja-raja sebelumnya, Yoas memiliki komitmen untuk melakukan yang benar di mata Tuhan. Sungguh benar orang yang hidupnya benar di mata Tuhan akan mengalami kesuksesan.


Yosua 1:7 (TB)  Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke mana pun engkau pergi. 


2. Yoas memiliki mentor rohani.


Yoas yang masih muda tentu memiliki banyak keterbatasan menjadi raja dan memutuskan perkara seluruh rakyat. Tetapi di bawah bimbingan (mentoring) imam Yoyada, Yoas bertumbuh dalam iman dan hikmatnya dalam memegang jabatan raja. Salah satu prestasi yang dicapai oleh Yoas adalah mengadakan perbaikan rumah Tuhan dengan mengerahkan pajak bagi seluruh rakyat


Banyak tokoh-tokoh di Alkitab memiliki mentor rohani ketika mereka memulai perjalanan kariernya sampai menjadi sukses. Yosua dimentor oleh Musa, Elisa dimentor oleh Elia, para murid dimentor oleh Yesus, Timotius dan Silas dimentor oleh Paulus dan sebagainya. Keberadaan seorang mentor akan melindungi dan membimbing kehidupan seseorang.


Renungkanlah betapa kita membutuhkan bimbingan seseorang yang lebih rohani dan lebih berpengalaman dalam menjalani kehidupan. Renungkanlah dan berdoalah agar Anda menemukan mentor yang akan membimbing Anda dalam menjalani kehidupan. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages