Jangan Takut dan Jangan Putus Asa

 


Kamis, 2 Maret 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Ulangan 31-34


Ulangan 31:8 (TB)  Sebab TUHAN, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau, Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati." 


Tiba waktunya bagi Yosua tampil untuk meneruskan kepemimpinan Musa. Menyadari bahwa musuh yang akan dihadapi bangsa Israel adalah bangsa-bangsa yang kuat di tanah Kanaan, maka Musa memberikan nasehat kepada Yosua.


Apa saja nasehat yang diberikan kepada Yosua?


1. Tuhan menyertai


Tuhan sendiri yang akan berjalan menyertai bangsa Israel, Dia tidak akan membiarkan dan meninggalkan bangsa Israel berjuang sendiri.


Dalam menghadapi pergumulan dalam kehidupan, iman dan semangat cepat sekali menjadi lemah apabila kehilangan keyakinan akan penyertaan Tuhan. Merasa sendiri, ditinggalkan atau seakan-akan Tuhan tidak peduli dan tidak menolong. Dalam situasi seperti ini peganglah janji Tuhan dengan sungguh-sungguh bahwa Dia selalu menyertai kita.


2. Janganlah takut.


Ketakutan timbul apabila merasa bahwa kekuatan musuh jauh lebih besar daripada kekuatan kita. Dalam keadaan seperti ini, marilah kita mempercayai bahwa kekuatan Tuhan di dalam diri kita jauh lebih besar daripada kekuatan musuh.


1 Yohanes 4:4 (TB)  Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia.


3. Janganlah putus asa.


Putus asa memiliki banyak sinonim, diantaranya adalah hilang harapan, patah semangat dan frustasi. Pada umumnya putus asa terjadi apabila usaha yang telah dilakukan berkali-kali tetap gagal dan tidak menunjukkan perkembangan yang berarti.


Bila kita menghadapi masalah dan pergumulan sekian lama tetap belum ada solusi bahkan seakan-akan semakin bertambah besar ... percayalah datangnya waktu Tuhan untuk menolong kita. Seringkali Tuhan tidak segera menolong (secara instan) untuk melatih kesabaran, iman dan ketaatan kita. Sebab itu janganlah putus asa, masih ada harapan bersama dengan Tuhan.


Kita membutuhkan orang-orang yang selalu memberikan nasehat dan semangat untuk menghadapi pergumulan hidup. Sebab itu janganlah berjuang sendiri, bangunlah komunitas yang saling menguatkan dan dapatkan energi positif dari orang-orang yang memiliki iman dan pengharapan yang teguh. Akhirnya percayalah Tuhan selalu beserta kita, jangan takut dan jangan putus asa. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages