Setia Beribadah

 



Rabu, 22 Maret 2023


Bacaan Alkitab Setahun: 1 Samuel 10-12


1 Samuel 12:24 (TB)  Hanya takutlah akan TUHAN dan setialah beribadah kepada-Nya dengan segenap hatimu, sebab ketahuilah, betapa besarnya hal-hal yang dilakukan-Nya di antara kamu.


Survey dari Bilangan Research terhadap pertumbuhan gereja pasca pandemi Covid-19 menunjukkan bahwa tingkat kehadiran jemaat dalam ibadah mengalami penurunan. Salah satunya disebabkan jemaat masih nyaman dengan ibadah online sehingga tidak berusaha datang secara langsung (onsite) di gereja, padahal kondisinya dalam keadaan baik dan sehat. 


Marilah kita kembali setia beribadah kepada Tuhan. Ibadah menjadi salah satu ciri utama umat Tuhan sejak zaman Perjanjian Lama, gereja di zaman para rasul dan gereja masa kini (akhir zaman).


Apakah artinya setia beribadah kepada Tuhan?


1. Beribadah adalah persekutuan / pertemuan dengan Tuhan.


Hal penting yang kita lakukan dalam ibadah adalah memuji dan menyembah Tuhan serta mendengarkan firman-Nya. Di samping itu kita bisa bertemu dengan saudara seiman sebagai tubuh Kristus. Kesetiaan dalam ibadah menggambarkan salah satu karakter setia kepada Tuhan. Setia dalam ibadah akan membangun pertumbuhan iman dan memberi dampak baik kepada tubuh Kristus maupun sesama.


2. Beribadah berarti mengabdi kepada Tuhan.


Salah satu agenda wajib seorang prajurit adalah mengikuti apel (upacara) dan mendengarkan pesan dari komandannya. Demikianlah ketika kita beribadah menunjukkan kesetiaan dalam pengabdian kepada Tuhan. Kita mendengarkan arahan Tuhan bagi hidup kita.


1 Samuel 12:24 (BIMK)  Hormatilah TUHAN dan mengabdilah kepada-Nya dengan setia dan dengan sepenuh hatimu. Ingatlah akan perbuatan-perbuatan besar yang telah dilakukan-Nya bagimu.


3. Beribadah berarti melayani Tuhan.


Ibadah adalah kata kerja aktif, artinya dalam ibadah kita melakukan sesuatu untuk Tuhan. Ini sama artinya dengan melayani Tuhan. Oleh sebab itu muliakanlah Tuhan dengan telenta yang Tuhan berikan sehingga ibadah kita semakin berkenan kepada-Nya.


1 Samuel 12:24 (AYT)  Akan tetapi, takutlah kepada TUHAN dan layanilah Dia dengan setia, dengan segenap hatimu. Sadarilah betapa besar hal-hal yang dilakukan-Nya bagimu. 


Ciri utama gereja di zaman para rasul adalah setia beribadah.

Kisah Para Rasul 2:42 (TB)  Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa.


Pandemi Covid-19 sudah berlalu, mari menjadi jemaat Tuhan yang setia beribadah sebagai wujud persekutuan kita dengan Tuhan, wujud pengabdian dan pelayanan kita kepada-Nya. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages