Saudara Dalam Kesesakan

 



Minggu, 26 Maret 2023


Bacaan Alkitab Setahun: 1 Samuel 22-24


1 Samuel 22:1 (TB)  Lalu Daud pergi dari sana dan melarikan diri ke gua Adulam. Ketika saudara-saudaranya dan seluruh keluarganya mendengar hal itu, pergilah mereka ke sana mendapatkan dia.


Keluarga yang sesungguhnya adalah tempat berbagi dan saling menguatkan. Tetapi dalam kenyataan bisa terjadi justru sebaliknya, tidak ada rasa peduli dan kasih kepada saudara. Daud mengalami kedua hal ini.


1. Saat Daud ditinggalkan


Mazmur 27:10 (TB)  Sekalipun ayahku dan ibuku meninggalkan aku, namun TUHAN menyambut aku. 


Daud anak bungsu yang masih kecil dibiarkan sendirian menggembalakan kambing domba ayahnya di medan yang tidak nyaman dan penuh bahaya. Sementara itu kakak-kakaknya menikmati kasih dan kehangatan di dalam rumah. Bahkan ketika Samuel datang kepada keluarga Isai, Daud pun tidak diingat.


1 Samuel 16:11 (TB)  Lalu Samuel berkata kepada Isai: "Inikah anakmu semuanya?" Jawabnya: "Masih tinggal yang bungsu, tetapi sedang menggembalakan kambing domba." Kata Samuel kepada Isai: "Suruhlah memanggil dia, sebab kita tidak akan duduk makan, sebelum ia datang ke mari." 


Meskipun dilupakan oleh orang tua dan saudara-saudara, tidak menjadi masalah bagi Daud, ia tetap mengasihi dan menghormati mereka.


2. Saat Daud diingat keluarganya


1 Samuel 22:1 (TB)  Lalu Daud pergi dari sana dan melarikan diri ke gua Adulam. Ketika saudara-saudaranya dan seluruh keluarganya mendengar hal itu, pergilah mereka ke sana mendapatkan dia.


Melihat kasih dan rasa hormat yang diberikan oleh Daud kepada keluarganya, maka ketika Daud mengasihi kesesakan mereka mengingat Daud. Dalam pelariannya saudara-saudara dan seluruh keluarga Daud memberikan dukungan.

Sungguh harta yang paling berharga adalah keluarga.


Tuhan mengirimkan kepada Daud bukan hanya seluruh keluarganya tetapi semua orang yang senasib sepenanggungan dengannya untuk saling menguatkan.


1 Samuel 22:2 (TB)  Berhimpunlah juga kepadanya setiap orang yang dalam kesukaran, setiap orang yang dikejar-kejar tukang piutang, setiap orang yang sakit hati, maka ia menjadi pemimpin mereka. Bersama-sama dengan dia ada kira-kira empat ratus orang.


Galatia 6:2 (TB)  Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus. 


Jika dalam kesesakan Anda merasa dan mengalami ditinggalkan saudara dan keluarga ... tetaplah bersyukur dan mengasihi mereka. Percaya ada waktu Tuhan untuk memulihkan keluarga Anda sehingga saling peduli dan menolong dalam kesesakan. Selamat hari Minggu, selamat beribadah, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages