Berkat Di Segala Tempat

 



Rabu, 1 Maret 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Ulangan 28-30


Ulangan 28:3 (TB)  Diberkatilah engkau di kota dan diberkatilah engkau di ladang. 


Ulangan 28:1-14 berisi tentang syarat dan janji berkat Tuhan bagi orang percaya.


Syarat mengalami berkat Tuhan adalah bila kita mendengarkan firman Tuhan dan melakukannya dengan setia.


Ulangan 28:1-2 (TB)  "Jika engkau baik-baik mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan melakukan dengan setia segala perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka TUHAN, Allahmu, akan mengangkat engkau di atas segala bangsa di bumi. 

Segala berkat ini akan datang kepadamu dan menjadi bagianmu, jika engkau mendengarkan suara TUHAN, Allahmu.


Dalam Ulangan 28:2, Tuhan akan memberkati kita baik di kota maupun di ladang, apakah artinya?


1. Berkat Tuhan bagi orang percaya di segala tempat.


Kota menggambarkan tempat tinggal dengan putaran ekonomi yang tinggi serta berbagai kebutuhan yang menyertai. Sedangkan ladang berbicara tentang tempat yang penuh kesederhanaan. Sehingga orang yang yang hidup di kota akan memiliki kebutuhan dan tekanan hidup yang lebih besar daripada di ladang. Baik tinggal di kota maupun di ladang, orang percaya sama-sama mengalami berkat Tuhan.


Deuteronomy 28:3 (NKJV)  Blessed shall you be in the city, and blessed shall you be in the country.


Dalam terjemahan NKJV menggunakan kata "country" sehingga bisa diartikan tinggal di pedesaan. Jadi ladang yang di maksud lebih mengarah kepada tempat tinggal pedesaan.


2. Berkat Tuhan menyertai segala jenis pekerjaan.


Secara umum pekerjaan di kota banyak berbeda dengan pekerjaan di ladang/pedesaan. Bila di kota pekerjaan pada umumnya adalah berdagang barang dan jasa atau menjadi karyawan perusahaan/industri. Tetapi di desa pekerjaan pada umumnya adalah sektor pertanian dan perkebunan. Apapun jenis pekerjaannya, janji Tuhan berlaku bagi setiap orang yang mendengarkan dan melakukan firman Tuhan.


Dunia mengajarkan ada tempat dengan aura yang diberkati dan tidak diberkati. Tetapi kita percaya semua tempat dan pekerjaan bisa diberkati oleh Tuhan. Hanya saja diperlukan hikmat dalam memilih tempat dan menekuni jenis pekerjaan. Marilah kita semakin setia mengiring Tuhan, mendengarkan firman-Nya dan melakukannya dalam kehidupan sehari-hari. Biarlah Tuhan sendiri yang akan menggenapi janji berkat-Nya dalam kehidupan kita. Tuhan akan memberkati kehidupan kita di segala tempat. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. Amin. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages