Test Drive

 



Senin, 6 Maret 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Yosua 10-12


Yosua 11:16 (TB)  Demikianlah Yosua merebut seluruh negeri itu, pegunungan, seluruh Tanah Negeb, seluruh tanah Gosyen, Daerah Bukit, serta Araba-Yordan, dan Pegunungan Israel dengan tanah rendahnya.


Ada hal yang menarik tentang seluruh tanah Gosyen dalam ayat tersebut. Selama bangsa Israel hidup di Mesir mereka tinggal di tanah Gosyen. Kemudian Tuhan memanggil mereka keluar dari Mesir menuju ke tanah Kanaan. Perjalanan yang sangat lama mereka tempuh selama 40 tahun, berputar-putar di padang gurun. Anehnya setelah mereka mulai masuk ke tanah Kanaan akhirnya mereka juga menaklukkan kembali seluruh tanah Gosyen yang telah ditinggali oleh bangsa lain.


Dealer mobil baru pada umumnya menyediakan unit mobil baru untuk test drive. Calon pembeli diberikan kesempatan untuk mencoba unit mobil yang akan dibeli. Mulai dari memasuki kabin mobil, menghidupkan mesin dan fitur-fiturnya, merasakan kenyamanannya sampai mengendarai di jalan raya dalam jarak atau rute tertentu. Calon pembeli sudah bisa mengetes mobil tetapi belum bisa membawa pulang mobil sebelum membayarnya. Tak jarang calon pembeli harus mengumpulkan dana sekian lama baru bisa membeli mobil yang menjadi impiannya.


Bila kita analogikan bangsa Israel pertama kali tinggal di Gosyen bagaikan test drive mobil, tetapi mereka belum memilikinya. Setelah berputar-putar selama 40 tahun di padang gurun barulah mereka berperang, menaklukkan tanah Gosyen dan memilikinya sebagai bagian dari tanah Perjanjian.


Selama kita hidup harus memiliki impian dan berusaha keras untuk mencapainya. Tak jarang impian harus divisualisasikan bahkan dipraktekkan. Misalnnya Impian memiliki bisnis/pekerjaan dimulai dengan belajar dan magang pada perusahaan atau orang lain. Impian memiliki rumah dimulai dari mengunjungi pameran atau rumah contoh dilanjutkan dengan menabung dan bekerja keras. Impian memiliki mobil dimulai dengan mengunjungi pameran, test drive lalu menabung dan bekerja keras.


Ada banyak hal dimana kita harus bersabar karena masih "test drive" atau uji coba. Dibutuhkan usaha yang keras bagaikan di padang gurun untuk menggapai impian kita. Yang terutama jangan pernah menyerah sampai kita bisa mewujudkan segala impian kita. Selamat beraktifitas, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages