Ketika Hidup Terasa Pahit

 




Sabtu, 18 Maret 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Rut 1-3


Rut 1:20 (TB)  Tetapi ia berkata kepada mereka: "Janganlah sebutkan aku Naomi; sebutkanlah aku Mara, sebab Yang Mahakuasa telah melakukan banyak yang pahit kepadaku.


Arti nama Naomi adalah menyenangkan, tetapi segala sesuatu yang terjadi adalah kepahitan sehingga ia merasa layak disebut Mara artinya pahit.


1. Masa lalu Naomi


Rut 1:1 (TB)  Pada zaman para hakim memerintah ada kelaparan di tanah Israel. Lalu pergilah seorang dari Betlehem-Yehuda beserta isterinya dan kedua anaknya laki-laki ke daerah Moab untuk menetap di sana sebagai orang asing.


Naomi bersama suaminya yaitu Elimelekh dan kedua anaknya yaitu Mahlon dan Kilyon pergi meninggalkan Betlehem-Yehuda ketika kelaparan terjadi. Sebenarnya dalam hal ini bukan bertahan dan menyelamatkan diri dari kelaparan, melainkan meninggalkan persekutuan dan pemeliharaan Tuhan dengan cara mengandalkan kekuatan diri sendiri.


Rut 1:3-5 (TB)  Kemudian matilah Elimelekh, suami Naomi, sehingga perempuan itu tertinggal dengan kedua anaknya. 

Keduanya mengambil perempuan Moab: yang pertama bernama Orpa, yang kedua bernama Rut; dan mereka diam di situ kira-kira sepuluh tahun lamanya.

Lalu matilah juga keduanya, yakni Mahlon dan Kilyon, sehingga perempuan itu kehilangan kedua anaknya dan suaminya.


Naomi kehilangan suami dan kedua anaknya laki-laki. Kehilangan mereka bagaikan kehilangan segala-galanya. Hanya tinggal menantunya yaitu Rut meskipun Naomi sudah mendesak agar ia pulang ke negerinya. Rut tetap setia mengiring Naomi pulang ke Betlehem-Yehuda.


2. Masa depan Naomi.


Pemulihan terjadi apabila dimulai dengan mengambil keputusan yang benar yaitu kembali kepada Tuhan.


Rut 1:6 (TB)  Kemudian berkemaslah ia dengan kedua menantunya dan ia pulang dari daerah Moab, sebab di daerah Moab ia mendengar bahwa TUHAN telah memperhatikan umat-Nya dan memberikan makanan kepada mereka. 


Tuhan mengirimkan Boas untuk menebus milik pusaka Naomi dan anak-anaknya. Boas juga yang menjadi suami Rut sehingga melahirkan keturunan yang diberkati Tuhan. Rut melahirkan Obed yang menjadi ayah dari Isai dan kakek dari Daud.


Rut 4:9 (TB)  Kemudian berkatalah Boas kepada para tua-tua dan kepada semua orang di situ: "Kamulah pada hari ini menjadi saksi, bahwa segala milik Elimelekh dan segala milik Kilyon dan Mahlon, aku beli dari tangan Naomi;


Pelajaran hari ini ...

Ketika hidup terasa pahit, penuh penderitaan dan pergumulan ... hanya ada satu cara keluar dari keadaan ini yaitu ... kembali kepada Tuhan. 

Sekalipun mempunyai masa lalu yang buruk, ketika seseorang bertobat dan kembali kepada Tuhan dengan kesungguhan hati maka akan mempunyai masa depan yang cerah.

Ketika hidup terasa pahit janganlah semakin jauh meninggalkan Tuhan, sebaliknya kembalilah kepada Tuhan. Dia akan memulihkan, memelihara dan memberkati. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. Amin. (PBW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages