Gunung Gerizim dan Gunung Ebal

 



Minggu, 5 Maret 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Yosua 7-9


Yosua 8:33 (TB)  Seluruh orang Israel, para tua-tuanya, para pengatur pasukannya dan para hakimnya berdiri sebelah-menyebelah tabut, berhadapan dengan para imam yang memang suku Lewi, para pengangkat tabut perjanjian TUHAN itu, baik pendatang maupun anak negeri, setengahnya menghadap ke gunung Gerizim dan setengahnya lagi menghadap ke gunung Ebal, seperti yang dahulu diperintahkan oleh Musa, hamba TUHAN, apabila orang memberkati bangsa Israel.  


Tuhan memerintahkan bangsa Israel pergi di antara lembah gunung Gerizim dan gunung Ebal. Separuh jemaat menghadap gunung Gerizim dan separuhnya lagi menghadap gunung Ebal.

Apa yang mereka lakukan di sana?

Kisah ini dapat kita baca di Ulangan 27-28.


1. Mengucapkan berkat


Jemaat yang menghadap gunung Gerizim mengucapkan kata-kata berkat dan semua yang hadir mengatakan "amin".

Berkat akan dialami apabila mendengarkan suara Tuhan dan melakukan dengan setia segala perintah-Nya. Ucapan berkat akan menimbulkan iman dan keyakinan akan pemeliharaan Tuhan yaitu berkat bagi setiap orang yang mengandalkan Tuhan.


2. Mengucapkan kutuk.


Jemaat yang menghadap gunung Ebal mengucapkan kata-kata kutuk dan semua yang hadir mengatakan "amin". Kutuk akan dialami apabila tidak mendengarkan suara Tuhan dan tidak melakukan dengan setia segala perintah dan ketetapan-Nya.

Ucapan kutuk akan menimbulkan rasa takut akan Tuhan bahwa ada akibat serius apabila melanggar firman Tuhan.


Ucapan berkat atau kutuk akan memantul dari gunung Gerizim atau gunung Ebal di hadapan mereka. Dengan demikian ucapan berkat atau kutuk sebenarnya ditujukan kepada mereka. 


Sesungguhnya ada pelajaran yang indah dari ucapan berkat dan kutuk di gunung Gerizim dan gunung Ebal. Artinya kita dapat meneladani ucapan berkat dan kutuk sesuai dengan Ulangan 27-28. Ucapan berkat yang kita ucapkan akan menguatkan iman sedangkan ucapan kutuk yang kita ucapkan akan menimbulkan rasa takut akan Tuhan. 


Kiranya pengertian tersebut memberikan pencerahan agar hidup kita semakin berkenan kepada Tuhan. Selamat hari Minggu, selamat beribadah, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages