Jangan Main Hakim Sendiri

 



Senin, 27 Maret 2023


Bacaan Alkitab Setahun: 1 Samuel 25-27


1 Samuel 25:26 (TB)  Oleh sebab itu, tuanku, demi TUHAN yang hidup dan demi hidupmu yang dicegah TUHAN dari pada melakukan hutang darah dan dari pada bertindak sendiri dalam mencari keadilan, biarlah menjadi sama seperti Nabal musuhmu dan orang yang bermaksud jahat terhadap tuanku!


Nabal adalah seorang yang dursila dan bebal orangnya. Ketika Nabal sedang mengadakan pengguntingan bulu kambing dombanya, Daud menyuruh anak buahnya memberi salam kepadanya. Tetapi Nabal justru bersikap tidak ramah dan memaki-maki mereka. Ketika diberitahukan hal ini kepada Daud, marahlah ia dan menyiapkan 400 orang untuk maju dan memerangi Nabal dan pengikutnya.


Rupanya anak buah Nabal memberitahu sikap Nabal tersebut kepada istri Nabal yaitu Abigail dan rencana Daud untuk memusnahkan mereka. Dengan penuh kerendahan hati dan kebijaksanaan, Abigail berhasil meredam kemarahan Daud sehingga tidak terjadi pertumpahan darah.


Nasihat dan permohonan yang diberikan Abigail kepada Daud adalah:

1. Jangan melakukan hutang darah, yaitu memulai pembunuhan terlebih dahulu.

2. Jangan bertindak sendiri dalam mencari keadilan atau main hakim sendiri.


Kehidupan yang semakin keras membuat banyak orang di dunia saat ini menjadi kejam dan main hakim sendiri. Tetapi sebagai orang beriman, Tuhan mengingatkan kepada kita bahwa pembalasan adalah hak-Nya sehingga jangan main hakim sendiri.


Roma 12:19 (TB)  Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah kamu sendiri menuntut pembalasan, tetapi berilah tempat kepada murka Allah, sebab ada tertulis: Pembalasan itu adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan, firman Tuhan. 


Apapun kejahatan dan perbuatan tidak menyenangkan yang dilakukan orang lain kepada Anda ... serahkanlah kepada Tuhan. Jangan main hakim sendiri. Percayalah "Gusti ora sare", Tuhan yang menjadi hakim yang adil di antara Anda dan orang lain. Kiranya renungan ini menjadi berkat. Selamat beraktifitas, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages