Ganti Untung

 



Minggu, 19 Maret 2023


Bacaan Alkitab Setahun: 1 Samuel 1-3


1 Samuel 2:21 (TB)  Dan TUHAN mengindahkan Hana, sehingga dia mengandung dan melahirkan tiga anak laki-laki dan dua anak perempuan lagi. Sementara itu makin besarlah Samuel yang muda itu di hadapan TUHAN. 


Istilah ganti untung kerap dikaitkan dengan warga yang tanah dan aset di atasnya terdampak oleh proyek pemerintah. Misalnya warga yang terdampak proyek jalan tol menerima ganti rugi. Tetapi kenyataannya bukan kerugian tetapi justru keuntungan yang didapatkan karena harga yang disepakati oleh pemerintah justru jauh lebih tinggi daripada harga beli mula-mula, bahkan banyak juga yang mengikuti harga pasaran sekalipun harga telah naik berkali-kali lipat akibat ulah spekulan. Jadi sebenarnya masyarakat yang terdampak proyek bukan menerima ganti rugi melainkan ganti untung.


Hana telah sekian lama mandul, sebab itu ia bernazar bila Tuhan memberikan keturunan maka ia akan mempersembahkannya kepada Tuhan. Setelah anaknya yaitu Samuel selesai disapih maka ia dan suaminya membawanya ke rumah Tuhan. Hana yang sebenarnya bisa bersama-sama Samuel anak yang dirindukannya, ternyata harus berpisah sebab dipersembahkan dan tinggal di rumah Tuhan. Kenyataan ini seperti mengalami kerugian. Tetapi Tuhan tidak mau berhutang kepada umat-Nya. Tuhan menghargai pengorbanan umat-Nya dengan memberikan ganti yang jauh lebih besar. Oleh sebab itu istilah yang digunakan pemerintah saat ini bukan pembayaran ganti rugi melainkan pembayaran pembebasan lahan.


1 Samuel 2:21 (TB)  Dan TUHAN mengindahkan Hana, sehingga dia mengandung dan melahirkan tiga anak laki-laki dan dua anak perempuan lagi. Sementara itu makin besarlah Samuel yang muda itu di hadapan TUHAN. 


Setelah Hana mempersembahkan Samuel ke rumah Tuhan, maka Tuhan mengindahkan Hana. Tuhan memberikan gantinya yaitu tiga anak laki-laki dan dua anak perempuan. Dari satu anak yang dipersembahkan, Hana menerima gantinya lima anak dari Tuhan. Ini yang dimaksud Tuhan tidak memberikan ganti rugi tetapi memberikan ganti untung.


Ada orang yang berpikir kalau ia memberikan persembahan atau pengorbanan kepada Tuhan akan mengalami kerugian. Pendapat ini salah, yang benar adalah ia akan memperoleh keuntungan bahkan dalam jumlah yang tak terbatas, sebab ia memiutangi Tuhan atau seperti menabur benih.


Amsal 19:17 (TB)  Siapa menaruh belas kasihan kepada orang yang lemah, memiutangi TUHAN, yang akan membalas perbuatannya itu. 


2 Korintus 9:6 (TB)  Camkanlah ini: Orang yang menabur sedikit, akan menuai sedikit juga, dan orang yang menabur banyak, akan menuai banyak juga.


Galatia 6:9 (TB)  Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah.


Jangan berhenti untuk menabur kebaikan sebab suatu saat kita akan menuai. Kita bukan menerima ganti rugi melainkan ganti untung dari Tuhan. Selamat hari Minggu, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages