Tunduk Kepada Pemimpin

 



Jumat, 3 Maret 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Yosua 1-3


Yosua 1:16-17 (TB)  Lalu mereka menjawab Yosua, katanya: "Segala yang kauperintahkan kepada kami akan kami lakukan dan ke mana pun kami akan kausuruh, kami akan pergi;

sama seperti kami mendengarkan perintah Musa, demikianlah kami akan mendengarkan perintahmu. Hanya, TUHAN, Allahmu, kiranya menyertai engkau, seperti Ia menyertai Musa. 


Yosua telah dipilih Tuhan menggantikan Musa untuk memimpin bangsa Israel masuk ke Tanah Kanaan. Dalam ayat di atas kita belajar adanya penundukan diri dan ketaatan bangsa Israel kepada kepemimpinan Yosua.


Setiap pergantian pemimpin beresiko mendatangkan gejolak, terutama ketika orang-orang yang dipimpin tidak menunjukkan komitmen yang sama dengan pemimpin sebelumnya. Marilah kita menyadari sekalipun karisma pemimpin berbeda-beda tetapi otoritas tetap datang dari Tuhan. Tunduklah pada otoritas pemimpin bukan karena karismanya.


Pelajaran lain dari ayat tersebut yaitu para penerus hendaklah membangun intensitas yang sama bahkan lebih daripada pemimpin sebelumnya. Terutama dalam pelayanan syarat utamanya adalah penyertaan Tuhan. Pemimpin yang takut akan Tuhan dan hidup dalam kekudusan akan mengalami penyertaan Tuhan dalam kepemimpinannya. Di samping otoritas yang Tuhan berikan, wibawa ilahi juga akan Tuhan berikan.


Yosua 3:7 (TB)  Dan TUHAN berfirman kepada Yosua: "Pada hari inilah Aku mulai membesarkan namamu di mata seluruh orang Israel, supaya mereka tahu, bahwa seperti dahulu Aku menyertai Musa, demikianlah Aku akan menyertai engkau.


Yakobus 4:10 (TB)  Rendahkanlah dirimu di hadapan Tuhan, dan Ia akan meninggikan kamu. 


Jadilah pemimpin yang rendah hati dan tunduk kepada Tuhan agar Tuhan meninggikan wibawanya di depan orang-orang yang dipimpinnya. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages