Kuasa Tuhan Lebih Besar

 



Senin, 20 Maret 2023


Bacaan Alkitab Setahun: 1 Samuel 4 -6


1 Samuel 5:2-3 (TB)  Orang Filistin mengambil tabut Allah itu, dibawanya masuk ke kuil Dagon dan diletakkannya di sisi Dagon. 

Ketika orang-orang Asdod bangun pagi-pagi pada keesokan harinya, tampaklah Dagon terjatuh dengan mukanya ke tanah di hadapan tabut TUHAN; lalu mereka mengambil Dagon dan mengembalikannya ke tempatnya. 


Orang Filistin merampas Tabut TUHAN dan meletakkannya di sisi Dagon, patung sesembahan mereka. Tetapi Dagon terjatuh dengan mukanya sampai ke tanah di hadapan Tabut TUHAN. Keesokan harinya Dagon dikembalikan di samping Tabut TUHAN tetapi kepala Dagon kembali terjatuh dengan mukanya ke tanah dan kedua belah tangannya terpenggal dan terpelanting ke ambang pintu. 


Pelajaran apa yang dapat kita ambil dari kisah tersebut?


1. Kuasa Tuhan jauh lebih besar dari kuasa kegelapan.


Tabut TUHAN menggambarkan Tuhan sendiri sedangkan Dagon menggambarkan illah atau kuasa kegelapan. Tuhan akan menyatakan kuasa dan kebesaran-Nya di hadapan kuasa kegelapan.


2. Tuhan cemburu bila disandingkan dengan illah atau kuasa kegelapan.


Itulah sebabnya dalam hukum Taurat, Tuhan berpesan agar bangsa Israel jangan menempatkan illah lain di hadapan Tuhan.


Keluaran 20:3-5 (TB)  Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku. 

Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apa pun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi.

Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku.


3. Jangan melakukan sinkretisme


Sinkretisme adalah pencampuran elemen-elemen atau kepercayaan-kepercayaan yang saling bertentangan. Contoh sinkretisme adalah orang Kristen yang percaya dan bertanya kepada dukun, paranormal, mencari pesugihan dan menggunakan jimat sebagai pelindung atau penarik kekayaan dan sebagainya.


Contoh lain adalah perkawinan campur, yaitu perkawinan berbeda keyakinan.

2 Korintus 6:14-15 (TB)  Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap?

Persamaan apakah yang terdapat antara Kristus dan Belial? Apakah bagian bersama orang-orang percaya dengan orang-orang tak percaya?


Akibat dari Tabut TUHAN ditempatkan di sisi Dagon bukan hanya Dagon yang runtuh tetapi tangan Tuhan menekan orang-orang Filistin dengan sakit penyakit.


1 Samuel 5:6-7 (TB)  Tangan TUHAN menekan orang-orang Asdod itu dengan berat dan Ia membingungkan mereka: Ia menghajar mereka dengan borok-borok, baik Asdod maupun daerahnya.

Ketika dilihat orang-orang Asdod, bahwa demikian halnya, berkatalah mereka: "Tabut Allah Israel tidak boleh tinggal pada kita, sebab tangan-Nya keras melawan kita dan melawan Dagon, allah kita." 


Berdasarkan pelajaran di atas sebagai orang Kristen jangan percaya dan menyembah kuasa kegelapan karena akan mendatangkan murka Tuhan. Jangan mencampuradukkan kebenaran dengan kehidupan dalam dosa. Hiduplah dalam kekudusan dan sungguh-sungguh mengabdi kepada Tuhan dengan taat dan setia. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages