Tidak Gila Jabatan

 



Senin, 13 Maret 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Hakim-hakim 7-9


Hakim-hakim 8:22-23 (TB)  Kemudian berkatalah orang Israel kepada Gideon: "Biarlah engkau memerintah kami, baik engkau baik anakmu maupun cucumu, sebab engkaulah yang telah menyelamatkan kami dari tangan orang Midian."

Jawab Gideon kepada mereka: "Aku tidak akan memerintah kamu dan juga anakku tidak akan memerintah kamu tetapi TUHAN yang memerintah kamu." 


Satu hal yang dapat kita pelajari dari ayat di atas yaitu Gideon tidak gila jabatan. Ketika orang Israel meminta Gideon dan anak cucunya menjadi pemimpin mereka, maka Gideon menyatakan bahwa ia dan anak cucunya tidak akan memerintah mereka sebab Tuhanlah yang memerintah mereka.


Gideon menyadari bahwa otoritas berasal dari Tuhan dan akan dikembalikan kepada Tuhan. Sebab itu ia tidak mendahului kehendak Tuhan dengan menjadikan keturunannya yang akan memerintah Israel. Gideon tidak gila jabatan.


Pada masa sekarang banyak orang gila jabatan, mengejar otoritas yang tidak Tuhan berikan baik bagi dirinya sendiri maupun bagi anak cucunya. Di satu sisi seperti terlihat alasan yang benar yaitu menyiapkan penerus. Tetapi jika dilandasi dengan motivasi yang salah maka akan menjadi gila jabatan.


Apapun otoritas dan kepemimpinan yang Tuhan percayakan, jalanilah dengan kesetiaan dan kerendahan hati. Bila suatu saat Tuhan mengambilnya relakanlah dan bersyukurlah untuk kepercayaan yang telah Tuhan berikan. Jangan mengejar apa yang tidak Tuhan percayakan. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages