Firman yang Menjadi Manusia

 


Sabtu, 31 Oktober 2020


Bacaan Alkitab Setahun: Yohanes 1-3


Yohanes 1:1, 14 (TB)  Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.


Perdebatan tentang Kristologi selalu berfokus pada Trinitas dan ke-Allahan Yesus. Pernyataan yang selalu diulang-ulang oleh orang yang tidak percaya adalah Allah tidak beranak dan tidak diperanakkan.
Tetapi bagi orang percaya pemahaman tersebut sederhana sehingga melahirkan iman (percaya).


1. Tidak ada yang mustahil bagi Allah.


Allah mau menyatakan diri-Nya sebagai apa saja sesungguhnya tidak ada yang mustahil, sebab kuasa dan kedaulatan-Nya tidak terbantahkan. Dalam hal ini Allah menyatakan diri-Nya sebagai manusia untuk misi penyelamatan. Yohanes 1:1 menyatakan bahwa Firman adalah Yesus, yaitu Allah yang menyatakan diri menjadi manusia. Tidak ada yang mustahil bagi Allah untuk mewujudkan diri-Nya sebagai Anak Manusia untuk menggenapi firman-Nya.


Yesus menjalankan misi sebagai keturunan Adam dan Hawa untuk meremukkan kepala ular (Iblis).
Kejadian 3:15 (TB)  Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya."


Yesus menjalankan misi untuk menumpahkan darah-Nya bagi pengampunan dosa yang sempurna bagi manusia.
Ibrani 9:22 (TB)  Dan hampir segala sesuatu disucikan menurut hukum Taurat dengan darah, dan tanpa penumpahan darah tidak ada pengampunan.


2. Allah Maha Hadir.


Allah yang Esa (tunggal), menyatakan diri-Nya sebagai Firman (Yesus) dan Roh bukan berarti Allah itu jamak. Pernyataan diri-Nya dalam Yesus dan Roh Kudus menyatakan karya-Nya dalam dunia. Yesus dan Roh Kudus adalah Allah dalam misi yang berbeda. Bapa (Allah di Sorga) hadir di bumi dalam rupa Yesus, demikian juga dalam pribadi Roh Kudus. Hal ini bukanlah tiga oknum, melainkan satu pribadi Allah yang Maha Hadir dalam karya-Nya.


Yohanes 1:1-3 (TB)  Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah.
Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatu pun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.


Firman (Yesus) dan Allah adalah satu, bersama-sama dan ditegaskan bahwa Firman itu (Yesus) adalah Allah.


Bagi orang percaya mudah untuk memahami dan percaya kepada Tuhan Yesus sebab mereka menerima kasih karunia yang menyelamatkan mereka.
Efesus 2:8-9 (TB)  Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah,
itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.


Tetapi bagi orang yang tidak percaya merupakan kebodohan sebab mata rohani mereka masih tertutup.
2 Korintus 3:14-15 (TB)  Tetapi pikiran mereka telah menjadi tumpul, sebab sampai pada hari ini selubung itu masih tetap menyelubungi mereka, jika mereka membaca perjanjian lama itu tanpa disingkapkan, karena hanya Kristus saja yang dapat menyingkapkannya.
Bahkan sampai pada hari ini, setiap kali mereka membaca kitab Musa, ada selubung yang menutupi hati mereka.


Bersyukurlah bila kita menerima kasih karunia Allah yang menyelamatkan hidup kita. Kuatkan iman kepada Tuhan Yesus. Peliharalah dan pertahankan sampai akhir kehidupan kita. Tuhan memberkati. (Ps.BW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages