Buat Gagah dan Kuat, Tetapi Roh Tuhan

 


Minggu, 4 Oktober 2020


Bacaan Alkitab Setahun: Zakharia 4-6


Zakharia 4:6 (TB)  Maka berbicaralah ia, katanya: "Inilah firman TUHAN kepada Zerubabel bunyinya: Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan dengan roh-Ku, firman TUHAN semesta alam.  


Nabi Zakharia kembali menerima penglihatan kandil emas. Tuhan menyuruhnya menyampaikan kepada Zerubabel: Bukan  dengan keperkasaan dan kekuatan, melainkan dengan roh-Ku. Zerubabel adalah salah satu tokoh di Perjanjian Lama yang membangun kembali bait Allah. Dia berhasil melakukannya karena Roh Tuhan yang bekerja dalam diri Zerubabel. Zerubabel dipakai oleh Tuhan, memimpin orang buangan kembali ke Yerusalem dan membangun kembali bait Allah yang telah runtuh.


Apa hubungan penglihatan kandil emas dengan berhasilnya Zerubabel membangun kembali bait Allah? Bagi sebagian orang menganggap bahwa Zerubabel yang ditunjuk raja Babel sebagai gubernur wilayah Israel adalah orang yang luar biasa. Selain kedudukannya, ia juga memiliki kecerdasan dan kemampuan dalam mengatur pemulangan tawanan dan pembangunan bait Allah.


Tetapi Tuhan ingin mengatakan bahwa Zerubabel berhasil bukan karena keperkasaan dan kekuatannya, melainkan karena Roh Tuhan yang bekerja di dalam dirinya.


Apa pesan firman Tuhan tersebut bagi kita? Jika kita bisa berhasil dalam keluarga, pekerjaan maupun pelayanan ... itu semua terjadi bukan karena kekuatan dan kehebatan kita, melainkan berkat dan kasih karunia Tuhan. Oleh sebab itu biarlah nama Tuhan yang dimuliakan atas keberhasilan kita, bukan diri sendiri.


Tetaplah rendah hati saat mengalami kesuksesan, karena tanpa Tuhan kita tidak ada artinya. Selamat hari Minggu, selamat beribadah. Tuhan memberkati. (Ps.BW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages