Kolaborasi

 



Minggu, 18 Oktober 2020


Bacaan Alkitab Setahun: Markus 1-3


Markus 2:3 (TB)  ada orang-orang datang membawa kepada-Nya seorang lumpuh, digotong oleh empat orang.


Kita sering mendengar istilah kolaborasi, apakah artinya? Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kolaborasi memiliki arti sederhana yaitu kerja sama. Untuk mencapai sebuah tujuan beberapa orang bekerja sama membentuk sebuah "tim work" yang kuat.


Dalam kisah tersebut kita melihat ada prinsip kolaborasi. Seorang yang lumpuh memiliki iman untuk sembuh. Ia didukung oleh empat orang yang mengusungnya dan menurunkannya dari atap tepat di depan Yesus. Hal itu dilakukan karena semua orang berdesakan dan tidak ada jalan yang wajar menuju kepada Yesus.


Apa keuntungan kolaborasi?


1. Saling menguatkan
Apabila yang seorang lemah, yang lain akan menguatkan dan memberikan ide untuk mengatasi masalah.
Pengkhotbah 4:9-10 (TB)  Berdua lebih baik dari pada seorang diri, karena mereka menerima upah yang baik dalam jerih payah mereka.
Karena kalau mereka jatuh, yang seorang mengangkat temannya, tetapi wai orang yang jatuh, yang tidak mempunyai orang lain untuk mengangkatnya!


2. Menciptakan atmosfir mujizat.
Bayangkan jjka orang lumpuh itu sendirian, ia memiliki iman yang kuat tetapi jika tidak ada orang-orang yang membawanya kepada Yesus, tidak mungkin mengalami kesembuhan. Bersama orang-orang yang mendukungnya, mujizat di depan mata bahkan menjadi nyata!


Ulangan 32:30 (TB)  Bagaimana mungkin satu orang dapat mengejar seribu orang, dan dua orang dapat membuat lari sepuluh ribu orang, kalau tidak gunung batu mereka telah menjual mereka, dan TUHAN telah menyerahkan mereka!


Tuhan sangat menyukai kolaborasi, terlebih secara rohani untuk menggenapkan kehendak-Nya.

Apakah keluarga Anda membutuhkan mujizat? Lakukan kolaborasi semua anggota keluarga untuk berdoa, beriman dan bekerja bersama. Demikian pula bisnis yang membutuhkan mujizat, dibutuhkan kolaborasi di antara SDM yang ada. Gereja kita membutuhkan mujizat di masa pandemi Covid-19, marilah kita bergandeng tangan, berkolaborasi, setia kepada Tuhan dan memohon kasih karunia terjadi atas seluruh kehidupan jemaat.
Selamat hari Minggu, selamat beribadah. Tuhan memberkati. (Ps.BW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages