Usahakan Menjadi Sempurna




Sabtu, 30 Nopember 2019

Bacaan Alkitab Setahun: 2 Kor 10-13

2 Korintus 13:9 (TB)  Sebab kami bersukacita, apabila kami lemah dan kamu kuat. Dan inilah yang kami doakan, yaitu supaya kamu menjadi sempurna.

Akhir dari surat 2 Korintus, Paulus menekankan tentang kesempurnaan. Bahkan dalam pasal 13 kembali diulang.
2 Korintus 13:11 (TB)  Akhirnya, saudara-saudaraku, bersukacitalah, usahakanlah dirimu supaya sempurna. Terimalah segala nasihatku! Sehati sepikirlah kamu, dan hiduplah dalam damai sejahtera; maka Allah, sumber kasih dan damai sejahtera akan menyertai kamu!

Dalam KBBI, kata sempurna mempunyai arti 1 utuh dan lengkap segalanya (tak bercacat dan tak bercela), 2 lengkap atau komplit, 3 selesai dengan sebaik-baiknya, teratur dengan sangat baiknya, 4 baik sekali, terbaik.
Dapatkah kita menjadi sempurna? Bagaimanakah caranya kita menuju kesempurnaan?

1. Miliki model yang sempurna.
Seorang fans akan mencoba mengikuti gaya hidup, model atau kebiasaan dari orang yang diidolakan. Jika kita menjadikan Tuhan sebagai model yang sempurna bagi hidup kita maka kita akan berjalan dan dituntun kepada kesempurnaan.
Matius 5:48 (TB)  Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna."

2. Taat melalui setiap proses.
Setiap barang atau benda yang bernilai tinggi biasanya melalui proses yang sangat panjang. Sebagai contoh emas atau logam mulia yang lain, proses yang dilalui adalah diidentifilasi, ditambang, diolah, dimurnikan dan dibentuk. Agar menjadi sempurna, kita harus diproses yaitu meninggalkan keduniawian, mau berubah dan mengerti serta taat kepada kehendak Allah (Firman Tuhan) supaya dapat menjadi sempurna.
Roma 12:2 (TB)  Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

3. Kekudusan adalah jalan menuju kesempurnaan.
Jalan yang kita pilih akan menentukan tujuan yang kita capai. Jika kita memilih jalan yang salah akan berakhir kepada tujuan yang salah.
Imamat 20:26 (TB)  Kuduslah kamu bagi-Ku, sebab Aku ini, TUHAN, kudus dan Aku telah memisahkan kamu dari bangsa-bangsa lain, supaya kamu menjadi milik-Ku.
Jalan yang harus kita tempuh menuju kesempurnaan adalah hidup dalam kekudusan. Setiap hari diisi dengan pertobatan demi pertobatan, menjadi semakin kudus, memisahkan hidup dari dosa dan kebiasaan buruk duniawi.
1 Tesalonika 5:23 (TB)  Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita.


Rasul Paulus dalam 2 Kor 13:11, memberi nasehat "Usahakanlah dirimu supaya sempurna". Maksudnya adalah kesempurnaan tidak terjadi secara otomatis atau instan. Memang Tuhan Yesus telah mengampuni dosa kita, tetapi tugas kita adalah hidup dalam kekudusan hari demi hari. Dan hal tersebut membutuhkan usaha yang tekun dan gigih sebab iblis juga tidak mau dengan mudah menyerah untuk menjatuhkan orang percaya. Oleh sebab itu mintalah Roh damai sejahtera Kristus senantiasa menguduskan roh, jiwa dan tubuh kita agar terpelihara sempurna dan tak bercacat sampai kedatangan-Nya. Selamat beraktifitas, Tuhan memberkati. (Ps.BW)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages