Takhta Pengadilan Kristus




Kamis, 28 Nopember 2019

Bacaan Alkitab Setahun: 2 Kor 4-6

2 Korintus 5:10 (TB)  Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Kristus, supaya setiap orang memperoleh apa yang patut diterimanya, sesuai dengan yang dilakukannya dalam hidupnya ini, baik ataupun jahat.

Berdasarkan Firman Tuhan, kita percaya bahwa Kristus duduk di sebelah kanan Takhta Allah Bapa.
Kolose 3:1 (TB)  Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah.
Kata "duduk di sebelah kanan Allah" menggambarkan bahwa Kristus telah menerima kuasa, otoritas dan kedaulatan atas pemerintahan di sorga dan di bumi.
Salah satu kedaulatan-Nya adalah menghakimi setiap orang percaya.

1. Di manakah percaya akan dihakimi?

Orang yang percaya kepada Tuhan Yesus akan menerima penghakiman di Sorga. Saat saat kematian, orang yang tidak percaya langsung ke neraka, sedangkan orang percaya langsung ke Sorga. 

2 Korintus 5:1 (TB)  Karena kami tahu, bahwa jika kemah tempat kediaman kita di bumi ini dibongkar, Allah telah menyediakan suatu tempat kediaman di sorga bagi kita, suatu tempat kediaman yang kekal, yang tidak dibuat oleh tangan manusia.
Jangan berpikir di Sorga tidak ada penghakiman! Yesus duduk di sebelah kanan Allah untuk menghakimi "kita semua" (2 Kor 5:10). Kata "kita semua" menunjuk kepada orang percaya.

2. Penghakiman di Sorga untuk apa?

A. Untuk memberikan mahkota sesuai apa yang telah dilakukan oleh setiap orang percaya semasa hidup. Ada tiga mahkota yang tertulis di Alkitab yaitu mahkota kebenaran, mahkota kemuliaan dan mahkota kehidupan.

2 Timotius 4:8 (TB)  Sekarang telah tersedia bagiku mahkota kebenaran yang akan dikaruniakan kepadaku oleh Tuhan, Hakim yang adil, pada hari-Nya; tetapi bukan hanya kepadaku, melainkan juga kepada semua orang yang merindukan kedatangan-Nya.

1 Petrus 5:4 (TB)  Maka kamu, apabila Gembala Agung datang, kamu akan menerima mahkota kemuliaan yang tidak dapat layu.

Yakobus 1:12 (TB)  Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia.

B. Untuk menempatkan orang percaya dalam tingkatan di Sorga sesuai dengan jerih lelahnya semasa hidup. Kristus duduk di sebelah kanan Allah Bapa, berada di atas tingkat-tingkat Sorga.

Tingkatan di Sorga untuk menempatkan orang percaya sesuai dengan klasifikasinya dalam melakukan firman Tuhan (kebenaran) dan jerih lelahnya dalam melayani Tuhan. Para rasul berada di tingkat yang dekat dengan Kristus sedangkan orang Kristen yang percaya pada Yesus tetapi pasif berada di tingkat terbawah.

Ibrani 7:26 (TB)  Sebab Imam Besar yang demikianlah yang kita perlukan: yaitu yang saleh, tanpa salah, tanpa noda, yang terpisah dari orang-orang berdosa dan lebih tinggi dari pada tingkat-tingkat sorga.

2 Korintus 12:2 (TB)  Aku tahu tentang seorang Kristen; empat belas tahun yang lampau — entah di dalam tubuh, aku tidak tahu, entah di luar tubuh, aku tidak tahu, Allah yang mengetahuinya — orang itu tiba-tiba diangkat ke tingkat yang ketiga dari sorga.

Berdasarkan kesaksian orang-orang yang dibawa Tuhan ke Sorga, mereka bersaksi bahwa di Sorga ada tujuh tingkat-tingkat Sorga. Meskipun tentang tujuh tingkat tidak tertulis di Alkitab, tetapi angka "tujuh" seringkali menggambarkan tentang kesempurnaan, demikian pula di Sorga yang sempurna.


Renungan hari ini tentang Takhta Pengadilan Kristus, membuat kita mengerti bahwa: setiap orang percaya akan diadili untuk menerima mahkota dan tempatnya di Sorga sesuai dengan perbuatan dan jerih lelahnya semasa hidup. Oleh sebab itu jangan hanya menjadi "sekedar Kristen" yang percaya Tuhan Yesus, tetapi giatlah dalam melakukan firman Tuhan dan dalam mrlayani Tuhan karena upah akan disediakan oleh Tuhan bagi orang percaya sesuai perbuatannya. Selamat beraktifitas dan Tuhan memberkati. (Ps.BW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages