Giat Dalam Pelayanan




Selasa, 26 November 2019

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Kor 13-16

1 Korintus 15:58 (TB)  Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.

Orang yang memiliki visi akan melakukannya dalam wujud tindakan. Ada orang Kristen yang malas beribadah apalagi melayani karena mereka tidak memiliki visi dan tidak tahu alasan mengapa mereka ada. Sebaliknya orang Kristen yang memiliki visi atau tujuan hidup akan rajin beribadah dan penuh gairah untuk melayani Tuhan.

Mengapa kita harus giat dalam melayani Tuhan?

1. Pelayanan membuat hidup kita berarti.
Jika kita tidak melayani, segala sesuatu yang kita lakukan hanya untuk diri sendiri. Tetapi jika kita melayani, hidup kita akan berguna bagi Tuhan dan orang lain sehingga menjadi berarti dan berdampak.

2. Pelayanan adalah wujud ucapan syukur.
Kita dapat membalas cinta kasih Tuhan yang sangat besar melalui ucapan syukur. Salah satu bentuk ucapan adalah dengan melayani. Berikanlah waktu, pemikiran, tenaga, talenta dan segala yang kita punya untuk melayani Tuhan.

3. Pelayanan membuat kita dewasa.
Anak-anak kecil belum bisa dianggap dewasa karena mereka selalu minta dilayani. Tetapi jika mereka sudah dewasa mereka sudah bisa melayani (membantu) orang lain. Giat dalam pekerjaan Tuhan akan membuat kita semakin dewasa, sebab kita belajar banyak hal tentang Tuhan, hubungan dengan orang lain dan pengembangan diri.

4. Pelayanan tidak sia-sia.
Semua yang kita lakukan dalam pelayanan akan mendapatkan upah dari Tuhan baik selagi kita di dunia maupun sesudah kematian. Jadi ada nilai kekekalan yang tersedia di balik pelayanan kita. Bersiaplah untuk menerima mahkota kemuliaan dari Tuhan (1 Ptr 5:4).

5. Pelayanan adalah kasih karunia.
Tidak semua orang yang mampu, bertalenta dan berpengalaman beroleh kesempatan untuk melayani. Jika kita dengan segala keterbatasan diberikan kesempatan untuk melayani, itu berarti kasih karunia. Oleh sebab itu lakukanlah dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab.


Orang Kristen yang asal-asalan dan tidak bertanggung jawab dalam pelayanan karena mereka tidak tahu arti pelayanan yang sebenarnya. Biarlah renungan kita hari ini membuat kita semakin giat dalam pekerjaan Tuhan, semakin setia dalam melayani. Tuhan memberkati. (Ps.BW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages