Orang Percaya Yang Dapat Dipercaya




Sabtu, 23 Nopember 2019

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Kor 4-6

1 Korintus 4:1-2 (TB)  Demikianlah hendaknya orang memandang kami: sebagai hamba-hamba Kristus, yang kepadanya dipercayakan rahasia Allah.
Yang akhirnya dituntut dari pelayan-pelayan yang demikian ialah, bahwa mereka ternyata dapat dipercayai.

Banyak bidang dalam kehidupan ini yang membutuhkan kepercayaan (trust), antara lain keluarga, pekerjaan, bisnis, kemasyarakatan, kenegaraan, tak terkecuali kerohanian. Dunia membutuhkan orang-orang yang bisa dipercaya. Terlebih lagi Tuhan, bukan hanya mencari orang Kristen tetapi orang yang dapat dipercaya menerima rahasia Allah.

Apakah arti orang percaya yang dapat dipercaya?

1. Setia dalam iman
Iman adalah kepercayaan yang Tuhan berikan kepada orang percaya. Seorang yang dapat dipercaya adalah seorang yang setia kepada Tuhan, yang memelihara dan mempertahankan imannya sampai akhir kehidupannya.
Lukas 18:8 (TB)  Aku berkata kepadamu: Ia akan segera membenarkan mereka. Akan tetapi, jika Anak Manusia itu datang, adakah Ia mendapati iman di bumi?"

Kita semua adalah hamba-hamba Kristus yang menerima rahasia Allah. Di akhir kehidupan kita / akhir zaman, Tuhan akan meminta pertanggungjawaban iman kita.

2. Setia dalam pelayanan
Baik dalam terjemahan NKJV, FAYH maupun BIMK dipakai istilah setia kepada tuannya. Tugas seorang hamba adalah melakukan perintah tuannya dengan setia. Salah satu perintah yang Tuhan percayakan kepada kita adalah melayani.
Kolose 3:23 (TB)  Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.

Janganlah berpikir bahwa tugas pelayanan itu hanya diberikan para pemimpin kita di dunia. Seorang pelayan yang merasa bahwa pelayanan adalah tugas yang diberikan seseorang, maka ia akan melakukan dengan setengah hati. Dengan mudah ia menyerah, jenuh, iri hati atau kehilangan sukacita dalam pelayanan. Tetapi jika kita menyadari bahwa pelayanan adalah kasih karunia dari Tuhan, maka apapun yang dipercayakan, kita akan melakukannya dengan segenap hati dan penuh tanggung jawab.


Segala yang kita lakukan untuk Tuhan dan pekerjaan-Nya akan kita refleksikan kepada dunia. Maksudnya adalah supaya kita juga didapati sebagai orang-orang yang bisa dipercaya dalam keluarga, bisnis/pekerjaan, studi, kemasyarakatan maupun kehidupan berbangsa dan bernegara. Biarlah renungan ini akan semakin memotivasi kita untuk menjadi orang percaya yang bisa dipercaya. Tuhan memberkati. (Ps.BW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages