Sebutan Kristen




Senin, 11 Nopember 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Kis PR 10-12

Kisah Para Rasul 11:26 (TB)  Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen.

Di kota Antiokhia awal mula murid-murid Kristus disebut Kristen.

1. Sebutan Kristen berarti Kristus kecil, yaitu murid-murid yang memiliki cara hidup seperti ajaran Kristus.
Jika ada orang-orang yang menyebut diri Kristen tetapi tidak melakukan ajaran Kristus sesungguhnya tidak sepadan dengan sebutan Kristen.

2. Seorang Kristen tertanam dalam sebuah gereja lokal.
Sebagai seorang Kristen tidak bisa memisahkan diri dengan jemaat (gereja), sebab sebutan Kristen pertama kali disematkan kepada kelompok murid-murid Yesus yang menjalankan ibadah dan pengajaran para rasul. Jadi jika Anda menyatakan diri sebagai Kristen sudah seharusnya tertanam, bertumbuh dan berbuah bersama jemaat yang lain di sebuah gereja lokal.

3. Seorang Kristen memiliki sikap seorang murid.
Sebagai seorang murid hendaknya mempelajari Alkitab yang diajarkan di gereja lokal, memiliki disiplin yang kuat dalam saat teduh dan merenungkan firman Tuhan setiap hari. Seorang murid bukanlah pendengar melainkan juga melakukan firman Tuhan.

Hari-hari ini banyak terdengar sebutan Kristen KTP yaitu Kristen hanya sebagai agama saja di KTP tetapi tidak menjalani kehidupan sebenarnya sebagai seorang murid Kristus. Ada punya yang menyebutkan sebagai Kristen Tanpa Pertobatan, menyebut diri Kristen tetapi tidak melakukan firman Tuhan.


Jika sebuah barang ada barang asli (original) dan palsu (fake), demikianlah dalam Kekristenan ada Kristen yang asli dan Kristen yang palsu. Jadilah Kristen yang asli yaitu hidup seperti ajaran Kristus, tertanam di sebuah gereja lokal, terus belajar dan melakukan firman Tuhan dalam kehidupan sehari-hari. Selamat beraktifitas dan Tuhan memberkati. (Ps.BW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages