Kebenaran Yang Memerdekakan




Minggu, 3 Nopember 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Yohanes 7-9

Yohanes 8:31-32 (TB)  Maka kata-Nya kepada orang-orang Yahudi yang percaya kepada-Nya: "Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu."

Hidup dalam kegelapan dosa membuat seseorang terikat. Orang-orang yang demikian, sekalipun menyadari dosanya tidak mampu melepaskan diri. Banyak orang yang terikat dalam dosa penyalahgunaan narkoba, minuman keras, percabulan dan perzinahan serta berbagai dosa yang lain. Tanpa mengenal kebenaran mereka akan sulit mengalami pertobatan.

Apakah yang dimaksud dengan kebenaran?
Kebenaran yang dimaksud adalah firman Allah. Kita akan mengetahui kebenaran apabila menjadi murid-murid Kristus serta melakukan firman-Nya.

1. Menjadi murid Kristus
Artinya mau belajar, membaca dan merenungkan firman Tuhan. Pengenalan akan firman Tuhan menyingkapkan kegelapan yang menyelimuti pengertian seseorang.
Yohanes 8:12 (TB)  Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup."

2. Menjadi pelaku firman Allah.
Mengerti tanpa melakukan adalah iman yang kosong. Tetapi dengan melakukan firman Allah dengan sendirinya akan menggugurkan ikatan yang membelenggu seseorang. Misalnya seseorang yang memberi pengampunan akan menggugurkan setiap kepahitan dan kemarahan.

Mengapa kebenaran bisa memerdekakan?
Kebenaran bukan hanya firman Allah yang tertulis tetapi adalah firman yang hidup yaitu Yesus Kristus.
Yohanes 14:6 (TB)  Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.
Yesus memperkenalkan diri sebagai jalan, kebenaran dan hidup. Sebagai kebenaran, Ia akan membebaskan orang yang percaya dan melakukan firman-Nya dari segala ikatan dosa.


Berada dalam ikatan dosa bukanlah hal yang mendatangkan sukacita dan damai sejahtera. Segeralah percaya dan melakukan firman Tuhan. Alami kemerdekaan yang Tuhan sediakan bagi murid-murid-Nya, yaitu mereka yang mengenal Tuhan Yesus secara pribadi dan taat melakukan kebenaran firman Tuhan. Selamat hari Minggu, selamat beribadah dan melayani Tuhan. (Ps.BW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages