Senjata Kebenaran





Senin, 18 Nopember 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Roma 4-6

Roma 6:13 (TB)  Dan janganlah kamu menyerahkan anggota-anggota tubuhmu kepada dosa untuk dipakai sebagai senjata kelaliman, tetapi serahkanlah dirimu kepada Allah sebagai orang-orang, yang dahulu mati, tetapi yang sekarang hidup. Dan serahkanlah anggota-anggota tubuhmu kepada Allah untuk menjadi senjata-senjata kebenaran.

Dalam ayat tersebut ada kontradiksi antara senjata kelaliman dengan senjata kebenaran. Menggunakan anggota-anggota tubuh sebagai senjata kelaliman atau senjata kebenaran adalah pilihan.

A. Senjata kelaliman
Artinya menyerahkan anggota-anggota tubuh untuk melakukan dosa sehingga menjadi tawanan dosa.
Galatia 5:19-21 (TB)  Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu — seperti yang telah kubuat dahulu — bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.

B. Senjata kebenaran
Artinya menyerahkan anggota-anggota tubuh kita untuk melakukan kehendak Allah sehingga menjadi senjata kebenaran untuk memuliakan Allah.
Roma 12:1-2 (TB)  Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.
Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.
Galatia 5:24 (TB)  Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya.

Setiap hari kita diperhadapkan dengan pilihan berkat atau kutuk, kehidupan atau kematian. Demikian pula dengan pilihan menggunakan anggota tubuh kita menjadi senjata kelaliman atau senjata kebenaran. Tetapi orang-orang yang takut akan Tuhan menyerahkan tubuh mereka untuk menguduskannya dan menjadi pelaku firman. Bagi mereka tersedia mahkota kebenaran bagi orang-orang yang hidup sesuai dengan kehendak Tuhan. Selamat beraktifitas dan Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages