Semua Untuk Kemuliaan Tuhan


Minggu, 25 November 2018

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Korintus 10-12

1 Korintus 10:31 (TB)  Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.

Banyak orang berdebat tentang boleh atau tidaknya makan, minum atau melakukan sesuatu. Banyak ayat atau aturan mungkin menjadi alasan terhadap hal itu. Tetapi hari ini kita mendapatkan pesan sederhana, yaitu apakah segala sesuatu memuliakan Tuhan.

1. Jika engkau makan atau minum
Matius 15:11 (TB)  "Dengar dan camkanlah: bukan yang masuk ke dalam mulut yang menajiskan orang, melainkan yang keluar dari mulut, itulah yang menajiskan orang."
Ada yang memakai ayat tersebut menjadi alasan bahwa segala sesuatu adalah halal atau boleh dimakan.
1 Korintus 6:12 (TB)  Segala sesuatu halal bagiku, tetapi bukan semuanya berguna. Segala sesuatu halal bagiku, tetapi aku tidak membiarkan diriku diperhamba oleh suatu apa pun.

Salah satu pertimbangan rohani tentang makanan:
A. Apakah makanan/minuman tersebut berguna (membuat tubuh sehat) atau membuat tubuh sakit? Jika membuat tubuh kita tidak sehat (rusak) berarti tidak memuliakan Tuhan.
B. Apakah makanan/minuman tersebut apakah membuat nama Tuhan dimuliakan atau dihujat. Bila orang lain menganggap kita najis karena makanan tersebut, berarti tidak memuliakan Tuhan.
C. Apakah makanan/minuman tersebut membuat kecanduan?

2. Jika engkau melakukan sesuatu yang lain.
Segala perbuatan kriminal (kejahatan) sudah tentu tidak memuliakan Tuhan. Tetapi orang seringkali salah memutuskan bila dalam zona abu-abu (antara benar dan salah). Menurut seseorang benar dan menurut orang lain salah. Misalnya adalah merokok, menurut orang lain adalah kebebasan, tetapi merugikan mereka yang mau hidup sehat dengan menghirup asap rokok orang lain. Sesungguhnya merokok mencemari tubuh jasmani, sekalipun kata merokok tidak disebutkan di Alkitab. Dilarang merokok kebanyakan hanya ditulis di SPBU. Demikian juga merokok adalah bentuk ikatan/kecanduan, mulut menjadi asam, tidak bisa buang air besar atau sulit berpikir bila tidak merokok.

2 Korintus 7:1 (TB)  Saudara-saudaraku yang kekasih, karena kita sekarang memiliki janji-janji itu, marilah kita menyucikan diri kita dari semua pencemaran jasmani dan rohani, dan dengan demikian menyempurnakan kekudusan kita dalam takut akan Allah.

Jika tubuh kita adalah Bait Roh Kudus, apakah kita mau mencemarinya dengan cara merokok atau kebiasaan buruk yang lain.

Kenyataan membuktikan makanan berkolesterol tinggi (jeroan dan sebagainya), minuman keras, narkoba (penyalahgunaan obat), merokok adalah menyebabkan sakit. Tetapi mengapa masih banyak orang melakukannya? Karena belum percaya atau tidak menyadari bahwa hidup mereka adalah untuk kemuliaan Tuhan. Selamat beribadah dan melayani Tuhan. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages