Muliakanlah Allah Dengan Tubuhmu


Jumat, 23 Nopember 2018

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Korintus 4-6

1 Korintus 6:20 (TB)  Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!

Salah satu tujuan Allah menciptakan tubuh kita adalah untuk memuliakan Allah. Oleh sebab itu Allah menciptakan tubuh dan segala organ di dalamnya berfungsi dengan sempurna.
Bagaimana cara kita memuliakan Allah dengan tubuh kita?

1. Hidup dalam kekudusan.
Jangan melakukan dosa: percabulan, kemabukan, pesta pora dan semua dosa yang memuaskan keinginan daging. Tubuh kita adalah kediaman Roh Allah sehingga kita harus menjaga kekudusannya.
1 Korintus 6:19 (TB)  Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, — dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?

2. Memelihara tubuh kita.
Menjaga kesehatan tubuh dengan makanan yang sehat dan teratur, berolah raga dan tidur yang cukup. Melindungi tubuh dengan menghindari resiko yang membahayakan tubuh, misal memakai helm atau sabuk pengaman dalam perjalanan. Menjauhi kebiasaan buruk misalnya merokok yang mencemari tubuh kita. Membersihkan tubuh dengan teratur, sehingga terpancar kemuliaan Tuhan dari tubuh kita.
2 Korintus 7:1 (TB)  Saudara-saudaraku yang kekasih, karena kita sekarang memiliki janji-janji itu, marilah kita menyucikan diri kita dari semua pencemaran jasmani dan rohani, dan dengan demikian menyempurnakan kekudusan kita dalam takut akan Allah.

3. Melayani Tuhan dengan tubuh kita.
Dalam tubuh kita ada banyak talenta dan kemampuan yang Tuhan berikan. Sudah selayaknyalah kita melayani Tuhan dengan segala talenta dan kekuatan tubuh kita. Selagi kita kuat, marilah melayani Tuhan sebab ada saatnya nanti karena kerentaan tubuh kita tidak lagi kuat untuk melayani Tuhan.
Pengkhotbah 9:10 (TB)  Segala sesuatu yang dijumpai tanganmu untuk dikerjakan, kerjakanlah itu sekuat tenaga, karena tak ada pekerjaan, pertimbangan, pengetahuan dan hikmat dalam dunia orang mati, ke mana engkau akan pergi.

Tuhan sangat baik bagi kita, dengan apakah kita membalas kebaikan-Nya? Marilah kita muliakan Allah dengan tubuh kita: hidup dalam kekudusan, memelihara tubuh kita dan giat melayani Tuhan dengan tubuh kita. Selamat beraktifitas dan Tuhan memberkati. (Ps.BW)

1 komentar:

Pages