Pekerjaan Roh Penghibur



Selasa, 6 November 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Yohanes 16-18

Yohanes 16:7 (TB)  Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.

Yesus sangat memahami dukacita yang akan dialami oleh para murid oleh sebab kematian-Nya. Itulah sebabnya Ia berjanji akan mengirimkan Roh Penghibur (Parakletos) untuk menyertai murid-murid-Nya setelah Ia kembali kepada Bapa. Nama lain dari Roh Penghibur adalah Roh Kebenaran, Roh Kudus, Roh Allah.

Berikut ini pekerjaan Roh Penghibur yang ditulis dalam Yohanes 16.

1. Menginsafkan dunia akan dosa
Yohanes 16:8-11 (TB)  Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman;
akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku; akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi; akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum.

2. Memimpin kepada seluruh kebenaran
Yohanes 16:13 (TB)  Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.

3. Memuliakan Kristus
Yohanes 16:14 (TB)  Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku.

Masa di mana kita hidup saat ini adalah masanya pekerjaan Roh Penghibur. Oleh sebab itu baiklah hidup kita dipimpin oleh Roh Kudus supaya kita tidak mengikuti keinginan daging.
Galatia 5:16 (TB)  Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging.

Roh Penghibur yaitu Roh Kudus akan menghibur, menguatkan dan memampukan kita melewati setiap pergumulan dan tantangan yang sedang kita hadapi. Selamat bekerja dan Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages