Manfaat Berbahasa Roh



Senin, 26 November 2018

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Korintus 13-16

1 Korintus 14:15 (TB)  Jadi, apakah yang harus kubuat? Aku akan berdoa dengan rohku, tetapi aku akan berdoa juga dengan akal budiku; aku akan menyanyi dan memuji dengan rohku, tetapi aku akan menyanyi dan memuji juga dengan akal budiku.

Berdoa bisa menggunakan bahasa akal budi dan bahasa roh. Bahasa akal budi bisa dimengerti oleh orang lain. Sedangkan bahasa roh hanya bisa dimengerti oleh Roh Allah maupun roh kita, kecuali diterjemahkan oleh karunia menafsirkan bahasa roh. Bahasa roh terdiri dari 2 yaitu glossolalia (karunia bahasa lidah) dan xenolalia (karunia bahasa asing). Glossolalia (karunia bahasa lidah) ada yang bisa diterjemahkan untuk membangun jemaat, ada yang tidak bisa diterjemahkan (sebagai bahasa doa setiap pribadi orang percaya).

Dalam hal ini kita akan membahas manfaat bahasa roh sebagai bahasa doa, yaitu:

1. Untuk berkomunikasi dengan Allah.

1 Korintus 14:2 (TB)  Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, tidak berkata-kata kepada manusia, tetapi kepada Allah. Sebab tidak ada seorang pun yang mengerti bahasanya; oleh Roh ia mengucapkan hal-hal yang rahasia.

Yohanes 4:24 (TB)  Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."

2. Untuk membangun diri sendiri (menguatkan iman).

1 Korintus 14:4 (TB)  Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, ia membangun dirinya sendiri, tetapi siapa yang bernubuat, ia membangun Jemaat.

Paulus memiliki iman yang kuat dalam menjalankan panggilan Tuhan, mengalami aniaya dan penderitaan sebab ia orang yang sungguh-sungguh berdoa dalam bahasa roh.
1 Korintus 14:18 (TB)  Aku mengucap syukur kepada Allah, bahwa aku berkata-kata dengan bahasa roh lebih dari pada kamu semua.

Yang seringkali terjadi jemaat menerima karunia bahasa roh ketika didoakan baptisan (kepenuhan) Roh Kudus. Tetapi sesudah itu ia tidak menggunakan dalam doa sehari-hari. Itulah sebabnya seringkali rohnya menjadi suam-suam. Bila kita rajin menggunakan bahasa roh maka akan memiliki persekutuan yang intim dengan Tuhan, memiliki roh yang menyala-nyala dan iman yang semakin kuat. Selamat beraktifitas, Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages