Kaya Akan Kasih



Kamis, 29 November 2018

Bacaan Alkitab Setahun: 2 Korintus 7-9

2 Korintus 8:9 (TB)  Karena kamu telah mengenal kasih karunia Tuhan kita Yesus Kristus, bahwa Ia, yang oleh karena kamu menjadi miskin, sekalipun Ia kaya, supaya kamu menjadi kaya oleh karena kemiskinan-Nya.

Apakah definisi kaya dalam ayat tersebut berarti mempunyai harta yang berlimpah-limpah? Judul dari perikop ini adalah pelayanan kasih. Sehingga bisa kita tarik kesimpulan sebagai berikut:

"Kaya akan kasih akan memberi yang terbaik (melampaui kemampuan) sekalipun dalam keterbatasan. Sebaliknya orang yang miskin akan kasih menjadi egois, memberi hanya sekedarnya sekalipun ia kaya raya."

A  Contoh kaya akan kasih:
1. Jemaat di Makedonia.
2 Korintus 8:2-3 (TB)  Selagi dicobai dengan berat dalam pelbagai penderitaan, sukacita mereka meluap dan meskipun mereka sangat miskin, namun mereka kaya dalam kemurahan.
Aku bersaksi, bahwa mereka telah memberikan menurut kemampuan mereka, bahkan melampaui kemampuan mereka.

2. Janda yang memberi persembahan di Bait Allah
Lukas 21:4 (TB)  Sebab mereka semua memberi persembahannya dari kelimpahannya, tetapi janda ini memberi dari kekurangannya, bahkan ia memberi seluruh nafkahnya."

B. Contoh miskin akan kasih:
1. Lazarus orang kaya
Lukas 16:19-20 (TB)  "Ada seorang kaya yang selalu berpakaian jubah ungu dan kain halus, dan setiap hari ia bersukaria dalam kemewahan.
Dan ada seorang pengemis bernama Lazarus, badannya penuh dengan borok, berbaring dekat pintu rumah orang kaya itu.

2. Pemuda yang kaya
Matius 19:21-22 (TB)  Kata Yesus kepadanya: "Jikalau engkau hendak sempurna, pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku."
Ketika orang muda itu mendengar perkataan itu, pergilah ia dengan sedih, sebab banyak hartanya.

Kita mungkin tidak semua bisa melakukan hal-hal yang besar, tetapi kita bisa melakukan hal-hal yang kecil dengan kasih yang besar. (Mother Theresia).
Marilah kita belajar dan mempraktekkan menjadi kaya dalam kasih dan kemurahan hati. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages