Dasar Dan Bangunan Rohani


Kamis, 22 Nopember 2018

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Kor 1-3

1 Korintus 3:10 (TB)  Sesuai dengan kasih karunia Allah, yang dianugerahkan kepadaku, aku sebagai seorang ahli bangunan yang cakap telah meletakkan dasar, dan orang lain membangun terus di atasnya. Tetapi tiap-tiap orang harus memperhatikan, bagaimana ia harus membangun di atasnya.

Terdapat hubungan yang erat antara dasar dan bangunan sebuah gedung. Jika ingin membangun sebuah bangunan yang tinggi, haruslah membuat pondasi yang kuat dan dalam. Paulus menggambarkan kehidupan kekristenan sebagai dasar dan bangunan. Apa saja yang ia maksudkan?

1. Dasar rohani adalah Yesus Kristus.
Yesus Kristus adalah dasar yang sempurna yang sanggup menopang beban bangunan rohani apapun. Jangan mendasarkan kehidupan dan pelayanan kita kepada apapun selain Yesus Kristus. Jangan mengandalkan kekayaan, kekuatan, manusia, gereja atau hamba Tuhan. Marilah kita mengenal Yesus Kristus semakin dalam dan semakin berakar di dalam Dia.
Kolose 2:7 (TB)  Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur.

2. Bangunan rohani di atas dasar Yesus Kristus.
Paulus mengklasifikasikan 2 jenis bangunan rohani yang biasanya dibangun oleh orang Kristen.

A. Bangunan yang tahan uji: terdiri dari emas, perak dan permata.
Karakteristiknya: mulia, bernilai tinggi, melalui perjuangan yang sulit untuk mendapatnya, tahan api (pencobaan/ujian) dan murni (tanpa kompromi).

B. Bangunan yang tidak tahan uji: kayu, rumput kering, jerami: tidak mulia, tidak bernilai tinggi, mudah membangun/mendapatnya, mudah terbakar dan tidak murni (bercampur kotoran).

Setiap bangunan akan diuji melalui api ujian. Bangunan yang mulia akan tahan uji dan yang tidak mulia tidak tahan uji dalam api pencobaan/ujian.
1 Korintus 3:12-13 (TB)  Entahkah orang membangun di atas dasar ini dengan emas, perak, batu permata, kayu, rumput kering atau jerami, sekali kelak pekerjaan masing-masing orang akan nampak. Karena hari Tuhan akan menyatakannya, sebab ia akan nampak dengan api dan bagaimana pekerjaan masing-masing orang akan diuji oleh api itu.

Marilah kita memperhatikan dasar kehidupan rohani kita hanya Yesus Kristus, bangunan rohani kita adalah bangunan yang tahan uji dan mulia supaya dapat bertahan melalui setiap pencobaan/ujian yang datang sehingga akan mendapat upah atas segala jerih lelah kita (1 Kor 3:14). Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages