Mengapa Murid Yesus Disebut Kristen?



Minggu, 11 November 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Kisah PR 10-12

Kisah Para Rasul 11:26 (TB)  Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen.

Kota Antiokhia terletak di Siria, sebelah utara Israel. Pada masa purba kota ini sangat terkenal bahkan dalam sejarah kekristenan, sebab di kota Antiokhialah murid-murid Yesus disebut Kristen.

Mengapa murid-murid Yesus disebut Kristen?

1. Mengikuti Pengajaran Yesus Kristus.
Pada masa itu pengaruh agama Yahudi sangat kuat, demikian pula budaya Yunani dan Romawi. Para pengikut Yesus Kristus ini merupakan saingan terberat bagi kepercayaan mereka. Sebab murid-murid Yesus ini sungguh-sungguh mengikuti pengajaran yang disampaikan oleh Yesus, yaitu kabar baik (Injil) yang jelas berbeda dari agama dan keyakinan mereka.

2. Berkumpul bersama saudara seiman.
Secara rutin bahkan tiap-tiap hari, murid-murid Yesus berkumpul, berdoa, memecahkan roti, mendengarkan pengajaran para rasul dan memberitakan Injil. Mereka membentuk komunitas yang kuat dalam kasih sehingga keberadaan mereka sangat menonjol di kota Antiokhia. Nama Yesus mungkin banyak di antara orang Yahudi, namun Kristus (yang artinya diurapi) adalah nama panggilan Yesus yang menjalankan misi Allah. Oleh sebab itu kata Kristen adalah turunan dari Kristus, yaitu murid-murid Yesus yang diurapi.

Jadi, kita sebagai murid-murid Yesus disebut sebagai Kristen. Tetapi ada 2 syarat utama yaitu mengikuti pengajaran Yesus Kristus (Injil) dan hidup dalam komunitas (gereja). Bila ada yang mengaku Kristen tetapi tidak mengikuti 2 syarat tersebut, mereka hanyalah Kristen agamawi, bukan Kristen sejati.
Selamat hari Minggu, selamat beribadah. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages