Gelanggang Pertandingan



Sabtu, 24 November 2018

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Korintus 7-9

1 Korintus 9:24 (TB)  Tidak tahukah kamu, bahwa dalam gelanggang pertandingan semua peserta turut berlari, tetapi bahwa hanya satu orang saja yang mendapat hadiah? Karena itu larilah begitu rupa, sehingga kamu memperolehnya!

Kehidupan yang sedang kita jalani bagaikan sebuah pertandingan lari. Semua orang berpacu dalam lintasan, tetapi hanya satu orang saja yang menjadi pemenang. Banyak godaan yang datang bisa mengalihkan fokus tujuan hidup kita. Banyak juga orang-orang di awal perjalanan serius tetapi di pertengahan menjadi malas dan gagal mencapai tujuan.

Bagaimana bisa menjadi seorang pemenang dalam pertandingan kehidupan ini?

1. Larilah begitu rupa.
1 Korintus 9:24 (TB)  Tidak tahukah kamu, bahwa dalam gelanggang pertandingan semua peserta turut berlari, tetapi bahwa hanya satu orang saja yang mendapat hadiah? Karena itu larilah begitu rupa, sehingga kamu memperolehnya!
Hal ini menunjukkan komitmen dan dedikasi pada pertandingan hidup yang sedang kita jalani. Ada semangat untuk menjadi pemenang, ada usaha keras untuk sampai tujuan.

2. Menguasai diri.
1 Korintus 9:25 (TB)  Tiap-tiap orang yang turut mengambil bagian dalam pertandingan, menguasai dirinya dalam segala hal. Mereka berbuat demikian untuk memperoleh suatu mahkota yang fana, tetapi kita untuk memperoleh suatu mahkota yang abadi.
Musuh terbesar kita adalah diri sendiri. Orang lain tidak bisa menghentikan usaha kita, kecuali diri kita sendiri. Dalam pertandingan banyak aturan yang harus ditaati. Aturan dalam kehidupan kita adalah Firman Tuhan.

3. Fokus pada tujuan hidup.
1 Korintus 9:26 (TB)  Sebab itu aku tidak berlari tanpa tujuan dan aku bukan petinju yang sembarangan saja memukul.
Seorang yang memiliki tujuan hidup tidak akan hidup dengan malas, sembrono dan membuang-buang waktu. Ia akan fokus pada tujuan dan memberikan usaha yang terbaik untuk mencapainya. Banyak orang tidak memiliki tujuan ke Sorga sehingga mereka terus-menerus memuaskan keinginan daging. Jika tujuan hidup kita adalah Sorga maka kita hidup dan mau dipimpin oleh Roh Kudus.

4. Melatih tubuh.
1 Korintus 9:27 (TB)  Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak.
Seorang atlit harus melalui latihan yang keras dan melatih fisik serta mentalnya menjadi juara. Firman Tuhan berkata, bahwa roh memang kuat tetapi daging lemah. Yang membuat kita gagal adalah keinginan daging. Oleh sebab itu latihlah tubuh atau daging kita mengikuti keinginan Roh Allah.

1 Timotius 4:8 (TB)  Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang.

Teruslah berada dalam lintasan pertandingan Anda, larilah begitu rupa, menguasai diri, fokus pada tujuan hidup dan latihlah tubuhmu untuk mentaati Firman Tuhan. Haleluya, Tuhan beserta kita. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages