Pokok Dan Ranting Anggur



Senin, 5 November 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Yohanes 13-15

Yohanes 15:5 (TB)  Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.

Anggur yang diproduksi dari pertanian Israel sangat terkenal di dunia. Yesus memberi perumpamaan tentang pokok anggur karena seluk beluk pohon anggur sangat dimengerti oleh murid-murid-Nya.

Ada 3 bagian penting yang akan kita bahas pagi ini.

1. Kita adalah ranting anggur
Ranting anggur adalah bagian pohon yang menghasilkan buah, namun tidak berarti bila tidak melekat kepada pokok anggur. Bila tidak berbuah maka akan dibersihkan bahkan dipotong supaya tumbuh ranting baru yang efektif dalam menghasilkan buah. Kehidupan kita tidak berarti tanpa Tuhan. Seperti angka nol tanpa nilai, tetapi bila diberikan angka satu di depannya akan menjadi sempurna. Jangan tinggi hati ketika bisa menghasilkan buah sebab kita hanyalah alat-Nya saja, sebab sewaktu-waktu kita bisa dipotong bila tidak berbuah.

2. Yesus adalah pokok anggur
Sepanjang batang/pokok anggur melekat ranting-ranting anggur. Setiap ranting mendapatkan makanan dan kekuatan dari pokok anggur. Tinggal di dalam Yesus, kita akan berbuah banyak. Yang dimaksudkan tinggal adalah mengandalkan Tuhan, menerima dan percaya serta melakukan firman-Nya. Dapatkan makanan rohani setiap hari saat kita bersekutu dengan Tuhan.

3. Bapa adalah pengusahanya
Yohanes 15:1 (TB)  "Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya.
Pengusaha kebun anggur setiap hari akan menyirami, merawat dan membersihkan dan memotong ranting  anggur yang tidak berbuah.
Melalui karya Roh Kudus, Bapa Sorgawi bekerja dalam kehidupan kita. Ia memberi nasehat, membersihkan dosa-dosa kita melalui firman-Nya. Ia menuntun jalan hidup kita supaya menghasilkan lebih banyak buah.

Pengusaha dan pokok anggur membutuhkan ranting sebagai kepanjangannya untuk menghasilkan buah. Demikianlah Tuhan memakai kehidupan kita untuk menghasilkan buah-buah yang baik. Tetaplah melekat kepada Tuhan Yesus dan selalu siap dibersihkan (dirawat) supaya kita menghasilkan buah yang lebih banyak. Selamat bekerja dan Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages