Manusia Lahirilah VS Manusia Batiniah


Rabu, 28 November 2018

Bacaan Alkitab Setahun: 2 Korintus 4-6

2 Korintus 4:16 (TB)  Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari.

Sesungguhnya sebagian besar manusia menyadari keberadaan manusia batiniah (manusia roh) di dalam dirinya. Namun banyak yang melalaikan kehidupan manusia roh mereka. Mereka hanyalah bekerja untuk memuaskan manusia lahirilah. Sebaliknya hanya sedikit yang sungguh-sungguh beribadah untuk membangun manusia rohnya.

Berikut perbedaan manusia lahirilah dan manusia roh.

1. Manusia lahirilah merosot dan manusia batiniah dibaharui.
Kondisi manusia lahirilah semakin merosot karena bertambahnya usia. Sekalipun dengan nutrisi yang bagus dan olah raga yang teratur, manusia tidak berkuasa melawan penuaan. Sebaliknya manusia batiniah (manusia roh) dapat diperbaharui (menjadi semakin kuat) bila mengalami persekutuan dengan Tuhan.

2. Manusia lahirilah sementara, manusia roh adalah kekal.
2 Korintus 4:18 (TB)  Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan, karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal.
Manusia lahirilah akan berhenti di dalam kubur, sementara manusia roh akan kembali kepada Tuhan.
Pengkhotbah 12:7 (TB)  dan debu kembali menjadi tanah seperti semula dan roh kembali kepada Allah yang mengaruniakannya.

3. Manusia lahirilah akan dibongkar, manusia batiniah mendapatkan tempat di Sorga.
2 Korintus 5:1 (TB)  Karena kami tahu, bahwa jika kemah tempat kediaman kita di bumi ini dibongkar, Allah telah menyediakan suatu tempat kediaman di sorga bagi kita, suatu tempat kediaman yang kekal, yang tidak dibuat oleh tangan manusia.
Manusia lahirilah akan dibongkar melalui kematian. Sebaliknya manusia roh akan menerima tempat yang kekal di Sorga.

Begitu pentingnya keberadaan manusia batiniah (manusia roh) kita, marilah jangan hanya memperhatikan manusia lahirilah saja. Sebaliknya mari kita sungguh-sungguh membangun manusia roh kita dengan firman Tuhan dan persekutuan dengan Tuhan.
Selamat beraktifitas, Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages