Setiap Hari Adalah Lembaran Baru



Kamis, 20 September 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Hosea 7-10

Hosea 10:12 (TB)  Menaburlah bagimu sesuai dengan keadilan, menuailah menurut kasih setia! Bukalah bagimu tanah baru, sebab sudah waktunya untuk mencari TUHAN, sampai Ia datang dan menghujani kamu dengan keadilan.

Kehidupan kita seumpama sebuah buku tulis. Masa lalu adalah semua yang sudah terjadi, penuh dengan tulisan peristiwa, ada suka dan duka, bahkan banyak dosa yang kita lakukan. Masa kini adalah lembaran yang sedang ditulis, ada peristiwa yang sedang terjadi. Masa depan adalah segala sesuatu yang akan terjadi di masa mendatang.

Setiap pagi Tuhan memberkati kita dengan lembaran baru. Setiap bangun pagi kita diperhadapkan kepada pilihan untuk mengisi dengan perbuatan atau pekerjaan sepanjang hari. Tulisan apakah yang akan kita tulis di lembaran hari ini bahkan hari esok?

1. Membuka lembaran baru dengan mencari Tuhan.
Mungkin lembaran yang lalu kita isi dengan mengandalkan diri sendiri. Mulai hari ini dan selanjutnya, setiap hari diawali dengan mencari Tuhan. Mengucap syukur, menyerahkan kehidupan kita, pekerjaan bahkan setiap pergumulan kita kepada Tuhan. Biarlah Tuhan yang akan memimpin kita menjalani segala peristiwa sepanjang hari ini.

2. Menabur sesuai dengan keadilan.
Yang dimaksud di sini adalah jangan ada motivasi egois dalam setiap perbuatan kita. Misalnya tamak dalam bekerja sehingga merugikan orang lain atau keluarga. Jangan memberi kepada orang lain dengan maksud mendapatkan imbalan. Sesungguhnya setiap pekerjaan kita bernilai sosial yaitu menjadi berkat bagi orang lain dan menolong orang yang tidak mampu atau berkekurangan. Menolong tidak berarti harus memberi bantuan berupa harta, tetapi mulai dari mendoakan, memberi nasehat, motivasi, mengajar dan memberi perhatian.

3. Menuai menurut kasih setia.
Yang dimaksudkan di sini adalah menuai atau mendapatkan hasil sesuai dengan bagian kita. Tuhan sudah menetapkan bagi berkat bagi kita. Jangan mengambil milik orang lain atau merampas hak orang lain. Bila kita menabur dengan keadilan maka akan menuai menurut kasih setia. Tuhan memelihara kita dengan kasih setia yang berlimpah-limpah, oleh sebab itu biarlah perbuatan kita terhadap orang lain dan diri sendiri disertai dengan kasih setia.

Ulangan 30:19 (TB)  Aku memanggil langit dan bumi menjadi saksi terhadap kamu pada hari ini: kepadamu kuperhadapkan kehidupan dan kematian, berkat dan kutuk. Pilihlah kehidupan, supaya engkau hidup, baik engkau maupun keturunanmu.

Bukalah lembaran baru hari ini, pilihlah kehidupan dan berkat hari ini supaya lembaran baru ini ini penuh dengan keadilan dan kasih setia Tuhan. Selamat beraktifitas, Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages