Berkorban Demi Rencana Allah




Selasa, 18 September 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Hosea 1-3

Hosea 1:2 (TB)  Ketika TUHAN mulai berbicara dengan perantaraan Hosea, berfirmanlah Ia kepada Hosea: "Pergilah, kawinilah seorang perempuan sundal dan peranakkanlah anak-anak sundal, karena negeri ini bersundal hebat dengan membelakangi TUHAN."

Sebuah pertanyaan besar muncul ketika kita membaca kitab Hosea, "Mengapa Tuhan menyuruh nabinya bersundal?" Apakah Tuhan tidak konsisten dengan perintah-Nya agar umat-Nya hidup dalam kekudusan?
Marilah kita memahami pesan firman Tuhan melalui nabi Hosea.

1. Supaya Israel sadar dan bertobat akan dosa-dosanya.
Keluarga Hosea menggambarkan Israel yang tidak setia. Berulang kali Tuhan menegur, mengingatkan dan memberi hukuman supaya Israel bertobat dari persundalannya baik jasmani maupun rohani tetapi hati mereka tetap keras dan tidak mau bertobat. Ketika Tuhan menyuruh Hosea bersundal rencana-Nya agar bangsa Israel sadar dan bertobat.
Hamba-Nya sendiri dikorbankan supaya umat-Nya menyadari dan menyesal atas dosa-dosa mereka.
Roma 8:32 (TB)  Ia, yang tidak menyayangkan Anak-Nya sendiri, tetapi yang menyerahkan-Nya bagi kita semua, bagaimanakah mungkin Ia tidak mengaruniakan segala sesuatu kepada kita bersama-sama dengan Dia?

2. Supaya Israel diselamatkan dan dipulihkan.
Nama Hosea berarti "keselamatan ada pada TUHAN" atau "TUHAN adalah keselamatan". Nama yang mirip artinya adalah Jehoshua, Joshua, Jeshua dan Hoshea yang artinya pembebas atau Dialah yang menyelamatkan umat-Nya dari dosa. Untuk menyelamatkan umat-Nya ada yang harus dikorbankan. Hosea adalah gambaran Yesus yang dikorbankan untuk menyelamatkan manusia.
Filipi 2:6-7 (TB)  yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia.

Tuhan yang suci dan mulia telah merendahkan diri-Nya dalam rupa Yesus Kristus supaya kita menyadari dan bertobat atas dosa-dosa kita sehingga kita menerima keselamatan bagi Tuhan. Hosea berkorban demi rencana Allah bagi Israel. Yesus Kristus berkorban demi rencana Allah menyelamatkan manusia. Hiduplah dalam kesetiaan kepada Tuhan dan jangan sia-siakan pengorbanan-Nya. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages