Kediaman Roh Allah




Senin, 10 September 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Yehezkiel 34-36

Yehezkiel 36:27 (TB)  Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya.

Manusia diciptakan Tuhan dalam tiga dimensi yaitu tubuh, jiwa dan roh. Tubuh adalah "body" atau bentuk yang kasat mata. Jiwa meliputi pikiran, perasaan dan kehendak, tidak terlihat namun dengan mudah dapat kita rasakan dan kita mengerti. Tetapi juga dalam roh, tidak terlihat dan tidak mudah kita mengerti karena bersifat roh. Roh kita adalah tempat kediaman Roh Allah. Pada saat seseorang lahir baru, Roh Allah tinggal dalam rohnya.
1 Korintus 3:16 (TB)  Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu? 

Berdasarkan Yehezkiel 36:27, kita mendapati karya Roh Kudus dalam diri orang percaya, yaitu:

1. Membuat kita hidup menurut segala ketetapan Tuhan.
Yohanes 16:13 (TB)  Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.

2. Membuat kita tetap berpegang pada peraturan-peraturan Tuhan.
Yehezkiel 11:19-20 (TB)  Aku akan memberikan mereka hati yang lain dan roh yang baru di dalam batin mereka; juga Aku akan menjauhkan dari tubuh mereka hati yang keras dan memberikan mereka hati yang taat, supaya mereka hidup menurut segala ketetapan-Ku dan peraturan-peraturan-Ku dengan setia; maka mereka akan menjadi umat-Ku dan Aku akan menjadi Allah mereka.

3. Membuat kita dapat melakukan firman Tuhan.
Roma 8:13 (TB)  Sebab, jika kamu hidup menurut daging, kamu akan mati; tetapi jika oleh Roh kamu mematikan perbuatan-perbuatan tubuhmu, kamu akan hidup.
Galatia 5:16 (TB)  Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging.

Tantangan terbesar kita pada zaman ini adalah keinginan daging. Karena menuruti keinginan daging kita bisa jatuh dalam dosa dan mendukakan Roh Kudus.
1 Yohanes 2:16 (TB)  Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.
Oleh sebab itu biarlah Roh Kudus senantiasa tinggal dan memenuhi roh kita sehingga kita dimampukan untuk mengalahkan keinginan daging dan hidup melakukan firman Tuhan. Roh Kudus tinggal dalam roh kita bukanlah "menganggur" tetapi izinkanlah Dia berkarya dalam kehidupan kita. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages