Orang-orang Yang Terluput



Senin, 3 September 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Yehezkiel 13-15

Yehezkiel 14:22 (TB)  Tetapi sungguh, akan tertinggal di sana orang yang terluput, yang mengiring ke luar anak-anak lelaki dan perempuan; lihat, mereka akan datang kepadamu dan kamu akan melihat tingkah laku mereka dan kamu akan merasa terhibur tentang malapetaka yang Kudatangkan atas Yerusalem, ya tentang segala-galanya yang Kudatangkan atasnya.

Penyembahan berhala dan nabi-nabi palsu membuat hukuman Tuhan atas Yerusalem tak terelakkan lagi. Tetapi Tuhan masih meninggalkan orang-orang yang terluput untuk menjaga kelangsungan kota atau bangsa itu di hadapan Tuhan. Ketika Tuhan memusnahkan Sodom dan Gomora, Tuhan menyelamatkan keluarga Lot. Ketika Tuhan memusnahkan bumi dengan air bah, Tuhan menyelamatkan keluarga Nuh. Berulangkali Yerusalem dihancurkan dan ditawan oleh musuh-musuhnya tetapi Tuhan selalu menyisakan orang-orang yang terluput.

Obaja 1:17 (TB)  Tetapi di gunung Sion akan ada orang-orang yang terluput, dan gunung itu akan menjadi tempat kudus; dan kaum keturunan Yakub akan memiliki pula tanah miliknya.

Pada zaman nabi Elisa, ketika Tuhan menghukum Israel karena menyembah Baal, Tuhan menyisakan orang-orang yang terluput.
Roma 11:4 (TB)  Tetapi bagaimanakah firman Allah kepadanya? "Aku masih meninggalkan tujuh ribu orang bagi-Ku, yang tidak pernah sujud menyembah Baal."

Sesungguhnya siapakah orang-orang yang terluput ini?

1. Orang-orang yang hidup dalam perlindungan Tuhan dan takut akan Tuhan sehingga tidak mengikuti perbuatan dosa orang-orang di sekitarnya.
2. Jumlahnya sangat sedikit dibandingkan penduduk pada umumnya.
Matius 7:13-14 (TB)  Masuklah melalui pintu yang sesak itu, karena lebarlah pintu dan luaslah jalan yang menuju kepada kebinasaan, dan banyak orang yang masuk melaluinya; karena sesaklah pintu dan sempitlah jalan yang menuju kepada kehidupan, dan sedikit orang yang mendapatinya."

Sangat sempit pintu yang menuju kehidupan dan sedikit orang yang mendapatkannya. Mereka adalah orang-orang yang luput dari hukuman Allah dan mendapatkan keselamatan dari Tuhan.
Beberapa hal ini menyebabkan populasi Kekristenan mengalami penurunan:
1. Berkembangnya agama-agama di luar Kristen.
2. Berkembangnya agama baru seperti New Age Movement yang lebih mudah diterima semua dan rasional.
3. Berkembangnya budaya modern yang meninggalkan nilai-nilai Alkitab.
4. Persekusi terhadap minoritas
5. Mayoritas Kristen yang mengalami penurunan kualitas iman.
6. Hedonisme dan pengaruh dosa yang semakin kuat.

Di akhir zaman ini, hanya orang-orang percaya yang sungguh-sungguh dipimpin oleh Roh Kudus yang akan terluput dari pengaruh dosa. Apakah Anda rindu menjadi bagian orang-orang yang terluput dari hukuman dosa? Jalan kita memang begitu sempit karena kita memikul salib. Hanya Yesuslah jalan, kebenaran dan kehidupan yang akan membawa kita kepada Bapa yang di Sorga. Oleh sebab itu hiduplah takut akan Tuhan dan senantiasa berada dalam hadirat-Nya agar kita menjadi orang-orang yang terluput. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages