Kehidupan Orang Benar Di Akhir Zaman



Senin, 17 September 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Daniel 10-12

Daniel 12:3 (TB)  Dan orang-orang bijaksana akan bercahaya seperti cahaya cakrawala, dan yang telah menuntun banyak orang kepada kebenaran seperti bintang-bintang, tetap untuk selama-lamanya.

Kehidupan dunia di akhir zaman semakin gelap, dosa semakin berkembang dan dengan mudahnya mempengaruhi dan menjatuhkan manusia. Sebagai contoh beberapa puluh tahun yang lalu, orang mendapatkan pornografi melalui majalah, komik atau VCD tetapi saat ini semua orang dari segala usia dapat mengakses melalui gadget. Ketika dunia semakin gelap, sekecil cahaya pun akan sangat berarti untuk menuntun orang-orang yang hidup dalam kegelapan.

Dalam penglihatan akhir zaman yang diterima oleh Nabi Daniel, orang benar atau orang yang percaya kepada Tuhan disebutkan sebagai orang bijaksana. Orang bijaksana adalah orang yang melakukan firman Tuhan.
Bagaimana kehidupan orang benar di akhir zaman?

1. Hidup dalam terang.
Hidup dalam terang berarti hidup dalam kekudusan dan melakukan firman Tuhan.
Keinginan daging akan membawa kepada kegelapan tetapi keinginan Roh akan membawa kehidupan dalam terang.

Amsal 4:18 (TB)  Tetapi jalan orang benar itu seperti cahaya fajar, yang kian bertambah terang sampai rembang tengah hari.

Efesus 5:8-10 (TB)  Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang, karena terang hanya berbuahkan kebaikan dan keadilan dan kebenaran,
dan ujilah apa yang berkenan kepada Tuhan.

Yesaya 60:1-2 (TB)  Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang, dan kemuliaan TUHAN terbit atasmu.
Sebab sesungguhnya, kegelapan menutupi bumi, dan kekelaman menutupi bangsa-bangsa; tetapi terang TUHAN terbit atasmu, dan kemuliaan-Nya menjadi nyata atasmu.

2. Hidup yang menerangi banyak orang.
Dalam Daniel 12:3 disebutkan bahwa kehidupan orang bijaksana akan menuntun banyak orang kepada kebenaran. Hidup menjadi pelaku firman Tuhan akan membuat perbedaan. Orang benar akan dikenali dari perbuatan mereka yang terang. Dan terang itu akan menuntun orang-orang yang berada dalam kegelapan.

Matius 5:16 (TB)  Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga."

Yesaya 60:3 (TB)  Bangsa-bangsa berduyun-duyun datang kepada terangmu, dan raja-raja kepada cahaya yang terbit bagimu.

Hari ini kita menerima panggilan Tuhan untuk hidup sebagai orang bijaksana (orang benar) yang melakukan firman Tuhan. Kehidupan kita yang melakukan firman Tuhan akan menjadi terang di sekeliling kita dan menuntun orang-orang yang hidup dalam kegelapan. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages