Doa Syafaat Mempertahankan Ekonomi Indonesia




Kamis, 6 September 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Yehezkiel 22-24
Yehezkiel 22:30 (TB)  Aku mencari di tengah-tengah mereka seorang yang hendak mendirikan tembok atau yang mempertahankan negeri itu di hadapan-Ku, supaya jangan Kumusnahkan, tetapi Aku tidak menemuinya.

Kata pendoa syafaat berasal dari kata "intercessor" yang artinya berdiri di tengah, yaitu di antara Tuhan dan manusia. Dalam Yehezkiel 22:30 disebut sebagai orang yang mendirikan tembok atau mempertahankan negeri itu di hadapan Tuhan.
Pada zaman dahulu, pertahanan suatu kota dilindungi oleh tembok sekelilingnya. Semakin kuat kota itu, semakin kuat tembok yang mengelilinginya. Oleh sebab itu kita mengenal di Perjanjian Lama ada Tembok Yerusalem dan Tembok Yerikho. Istilah lain yang dipakai adalah kota yang berkubu.

Sesungguhnya doa syafaat adalah perlindungan secara rohani. Tuhan mencari para pendoa syafaat yang menaikkan doa syafaat bagi gereja, kota maupun negeri. Melalui doa syafaat kita juga mengadakan peperangan rohani melawan segala kuasa yang akan menyerang gereja, kota maupun negeri.
Efesus 6:12 (TB)  karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara.

Keadaan ekonomi dunia sedang mengalami resesi (perlambatan). Per hari ini Harga 1 USD sudah menyentuh angka Rp 15.000,-. Banyak ketakutan dan kekuatiran akan kondisi ekonomi saat ini. Pemerintah terus berupaya memperbaiki kinerja ekonomi dan memperbaiki defisit transaksi berjalan. Secara riil kita bisa merasakan saat ini daya beli masyarakat menurun dan mulai terjadi inflasi.

Sesungguhnya kita tidak hanya mengandalkan usaha pemerintah untuk memulihkan keadaan ekonomi saat ini. Diperlukan kesatuan seluruh komponen bangsa, baik pemerintah, pelaku ekonomi maupun seluruh rakyat. Apa yang gereja bisa berikan dalam pemulihan keadaan ekonomi saat ini? Ya, doa syafaat. Kita harus menggerakkan doa syafaat seluruh jemaat untuk mempertahankan ekonomi negeri ini di hadapan Tuhan.
Yeremia 29:7 (TB)  Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu.

Bila Tuhan mencari pendoa syafaat untuk mempertahankan ekonomi negeri ini, bersediakah Anda menjawabnya? Maukah dalam doa-doa pribadi Anda, bukan hanya berdoa untuk kebutuhan pribadi tetapi juga untuk negeri kita saat ini. Kesejahteraan negeri adalah kesejahteraan kita. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages