Jalan Tuhan, Jalan Yang Lurus



Jumat, 21 September 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Hosea 11-14

Hosea 14:10 (TB) Siapa yang bijaksana, biarlah ia memahami semuanya ini; siapa yang paham, biarlah ia mengetahuinya; sebab jalan-jalan TUHAN adalah lurus, dan orang benar menempuhnya, tetapi pemberontak tergelincir di situ.

Pemerintah saat ini sedang gencar membangun infrastruktur. Salah satu yang menjadi prioritas adalah jalan Trans Papua. Selama ini banyak wilayah di Papua terisolasi oleh medan yang berat dan tidak ada akses jalan dari daerah satu dengan lain. Tetapi dengan dibangun jalan Trans Papua, lalu lintas antar daerah menjadi terbuka. Jalan adalah sarana untuk sampai kepada tujuan.

Tujuan hidup kita yang sejati adalah sampai ke Sorga. Ada banyak jalan ditawarkan oleh dunia, bahkan banyak syarat-syarat yang sulit dilakukan demi "menuju Sorga".
Mari kita belajar dari Hosea 14:10,

1. Menjadi bijaksana karena Firman Tuhan.
"Siapa yang bijaksana, biarlah ia memahami semuanya ini; siapa yang paham, biarlah ia mengetahuinya."
Firman Tuhan akan memberikan terang dan hikmat bagi setiap orang yang membaca, merenungkan serta melakukan-Nya.

2. Menempuh jalan Tuhan yang lurus.
Jalan Tuhan adalah jalan yang lurus, kudus, tidak tersembunyi, jalan yang sejati dan bukan tipuan atau buatan manusia. Agama-agama di dunia adalah buatan manusia tentang "tuhan", tetapi Kekristenan adalah jalan menuju ke Sorga, bukan oleh usaha manusia tetapi anugerah Allah. Hanya ada satu hal yang dibutuhkan untuk menempuh jalan Tuhan yang lurus, yaitu percaya dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat.

Yohanes 14:6 (TB)  Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

3. Para pemberontak akan tergelincir di jalan Tuhan.
Kata "pemberontak" berarti orang yang melawan Tuhan. Orang yang tidak mau bertobat akan dipermalukan dan menerima hukuman dari Tuhan. Mereka menganggap jalan Tuhan adalah kebodohan. Mereka akan jatuh di hadapan Tuhan karena dosa dan melawan Tuhan.

Banyak jalan yang ditawarkan oleh dunia ini, tetapi hanya ada satu jalan dari Sorga. Dan Yesus Kristus adalah jalan itu.
Yohanes 3:13 (TB)  Tidak ada seorang pun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia.
Yesus telah membuat jalan dan telah melewati jalan itu. Dia datang dari Sorga dan telah naik ke Sorga. Setiap orang yang percaya kepada-Nya mendapatkan jaminan yang sama, melewati jalan lurus yang dibuat oleh Yesus Kristus sampai ke Sorga. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages