Iman Tanpa Syarat



Senin, 1 Oktober 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Habakuk 1-3

Habakuk 3:17-18 (TB)  Sekalipun pohon ara tidak berbunga, pohon anggur tidak berbuah, hasil pohon zaitun mengecewakan, sekalipun ladang-ladang tidak menghasilkan bahan makanan, kambing domba terhalau dari kurungan, dan tidak ada lembu sapi dalam kandang,
namun aku akan bersorak-sorak di dalam TUHAN, beria-ria di dalam Allah yang menyelamatkan aku.

Nabi Habakuk memberi kesaksian iman tanpa syarat. Ia tetap bersorak-sorak di dalam TUHAN, ia tetap beria-ria di dalam Allah yang menyelamatkannya. Ia tetap percaya dan mengucap syukur sekalipun ...

1. Pohon ara tidak berbunga ...
Pohon ara menggambarkan tentang kehidupan. Sekalipun kehidupan sedang tidak baik, ekonomi sedang lesu, masalah yang berat ... tetap bersuka di dalam Tuhan.

2. Pohon anggur tidak berbuah ...
Pohon anggur menggambarkan tentang kesukaan. Sekalipun tidak bahagia, sedang menderita karena sakit penyakit, mengalami rumah tangga yang tidak bahagia ... tetap bersuka di dalam Tuhan.

3. Hasil pohon zaitun mengecewakan ...
Pohon zaitun adalah lambang perdamaian. Sekalipun dimusuhi, dibenci dan diperlakukan tidak adil walaupun kita hidup dalam kebenaran ... tetap bersuka di dalam Tuhan. Minyak zaitun adalah minyak urapan sebagai lambang pelayanan. Sekalipun pelayanan belum seperti yang diharapkan ... tetap bersuka di dalam Tuhan.

4. Ladang-ladang tidak menghasilkan bahan makanan.
Ladang menggambarkan tentang pekerjaan / usaha. Sekalipun merugi dan tidak mendatangkan keuntungan ... tetap bersuka di dalam Tuhan.

5. Kambing domba terhalau dari kurungan.
Ini menggambarkan tentang harta milik yang diambil, dicuri atau ditipu orang lain ... tetap bersuka di dalam Tuhan.

6. Lembu sapi tidak ada di dalam kandang.
Ini menggambarkan sekalipun tidak memiliki harta atau simpanan bahkan hanya hutang semata ... tetap bersuka dalam Tuhan.

Iman teruji adalah iman yang tanpa syarat atau iman "sekalipun". Apakah Anda mengalami salah satu hal di atas? Jangan biarkan hal itu mengubur iman Anda. Tetaplah bersuka dan mengucap syukur sekalipun hal-hal yang Anda alami tidak seperti yang Anda harapkan. Di atas semuanya, Tuhan memiliki rencana yang terindah. Selamat beraktifitas, Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages