Memperingati Bulan Baru

 



Jumat, 17 Pebruari 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Bilangan 28-30


Bilangan 28:11 (TB)  Pada bulan barumu haruslah kamu mempersembahkan sebagai korban bakaran kepada TUHAN: dua ekor lembu jantan muda, seekor domba jantan, tujuh ekor domba berumur setahun yang tidak bercela.


Tuhan menetapkan perayaan-perayaan bagi bangsa Israel antara lain hari Sabat, bulan baru, dan berbagai perayaan dalam kurun waktu setahun. Tujuan dari setiap perayaan itu agar bangsa Israel selalu ingat dan mengucap syukur akan kebaikan Tuhan.


Ada orang-orang yang karena kesibukan ataupun berkat yang diterimanya sehingga melupakan sabat dan bulan baru. Ada yang lupa beribadah karena sibuk bekerja. Ada pula yang lupa tanggal dan bulan apa yang sedang berjalan.


Bagaimana tips agar kita selalu mengingat kebaikan Tuhan?


1. Baca firman Tuhan setiap hari.


Banyak berkat rohani yang kita dapatkan ketika secara teratur setiap hari membaca dan merenungkan firman Tuhan. Tetapi juga melalui pembacaan Alkitab selama setahun kita bisa mengingat hari ini tanggal berapa. Kita bisa mengucap syukur kepada Tuhan hari lepas hari. Lembar daftar bacaan Alkitab maupun Alkitab cetakan bisa kita beri tanda kapan pembacaannya. Ini semua akan mengingatkan kita bahwa setiap hari adalah berkat Tuhan yang harus kita syukuri dan kita jalani bersama Tuhan.


2. Datang dalam ibadah secara teratur.


Ketika kita datang dalam ibadah dan melayani Tuhan, kita akan tahu minggu ke  berapa dan tanggal berapa. Bahkan di awal bulan kita menerima perjamuan kudus sehingga iman kita semakin dikuatkan. Ini bagaikan perayaan bulan baru, di mana kita bisa mengucap syukur atas bulan yang sudah berlalu dan dengan iman menyambut bulan yang akan datang. Salah satu yang membuat kehidupan kita tenang dan damai adalah keteraturan. Jika kita disiplin dan teratur dalam ibadah baik secara pribadi maupun jemaat, akan sangat menolong kita untuk tetap tenang dan damai sekalipun masalah besar sedang kita hadapi.


Mazmur 103:2 (TB)  Pujilah TUHAN, hai jiwaku, dan janganlah lupakan segala kebaikan-Nya! 


Marilah kita selalu mengucap syukur dan mengingat kebaikan Tuhan setiap hari, setiap minggu dan setiap bulan bahkan setiap tahun. Perayaan bulan baru tidak harus dilakukan dengan mewah, melainkan dengan sikap hati yang bersyukur atas kebaikan Tuhan bulan demi bulan. Melalui perjamuan kudus di awal bulan, kita bisa memohon penyertaan Tuhan pada bulan yang sedang kita hadapi. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages