Sisi Positif Perjalanan Padang Gurun

 



Rabu, 22 Pebruari 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Ulangan 7-9


Ulangan 8:2 (TB)  Ingatlah kepada seluruh perjalanan yang kaulakukan atas kehendak TUHAN, Allahmu, di padang gurun selama empat puluh tahun ini dengan maksud merendahkan hatimu dan mencobai engkau untuk mengetahui apa yang ada dalam hatimu, yakni, apakah engkau berpegang pada perintah-Nya atau tidak. 


Bangsa Israel menempuh perjalanan di padang gurun selama 40 tahun. Dalam perjalanan tersebut mereka seringkali mengalami kelaparan dan kehausan. Mereka juga menghadapi musuh yaitu bangsa-bangsa yang mereka lalui sepanjang perjalanan. Perjalanan padang gurun hampir selalu berkonotasi negatif yaitu menghadapi kesulitan demi kesulitan.


Dengan membaca dan merenungkan ayat tersebut ternyata ada sisi positif dalam perjalanan bangsa Israel di padang gurun. Tuhan membiarkan mereka mengalami kelaparan dan kehausan dengan maksud untuk merendahkan hati mereka.


Ulangan 8:3 (TB)  Jadi Ia merendahkan hatimu, membiarkan engkau lapar dan memberi engkau makan manna, yang tidak kaukenal dan yang juga tidak dikenal oleh nenek moyangmu, untuk membuat engkau mengerti, bahwa manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi manusia hidup dari segala yang diucapkan TUHAN.  


Apakah kita sedang dijinkan Tuhan mengalami perjalanan padang gurun? Masalah dan kesesakan sedang kita alami. Jangan hanya melihat sisi negatif dari semua penderitaan yang terjadi. Lihatlah Tuhan selalu memiliki tujuan yang baik yaitu membuat kita rendah hati dan hidup mengandalkan Tuhan. Di samping itu kita juga bisa menyadari pentingnya firman Tuhan setiap hari untuk kehidupan rohani kita. Jangan hanya fokus mencari materi, tetapi carilah kerajaan Allah dan kebenarannya.


Matius 6:33 (TB)  Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.


Tetaplah setia mencari Tuhan dalam segala keadaan, bahkan ketika kita mengalami penderitaan dan kesesakan.

Jangan hanya memikirkan masalah, tetapi berusahalah bagaimana hidup menyenangkan hati Tuhan. Tetap semangat, Tuhan Yesus memberkati. Amin. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages