Jangan Mencari Lawan

 



Selasa, 14 Pebruari 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Bilangan 19-21


Bilangan 20:19 (TB)  Lalu berkatalah orang Israel kepadanya: "Kami akan berjalan melalui jalan raya, dan jika kami dan ternak kami minum airmu, maka kami akan membayar uangnya, asal kami diizinkan lalu dengan berjalan kaki, hanya itu saja." 


Dalam perjalanan menuju tanah Kanaan, bangsa Israel akan melalui wilayah negeri Edom. Raja beserta orang Edom dikenal garang dan suka berperang. Oleh sebab itu bangsa Israel bersikap sopan, meminta ijin untuk melewati negerinya dan membayar fasilitas yang ada. Akan tetapi orang Edom menolak dengan keras, bahkan mereka mengerahkan tentara yang kuat untuk mengajak berperang.


Bilangan 20:20 (TB)  Tetapi jawab mereka: "Tidak boleh kamu lalu." Maka keluarlah orang Edom menghadapi mereka dengan banyak rakyatnya dan dengan tentara yang kuat.


Respon bangsa Israel bukan melawan orang Edom tetapi mereka menyimpang meninggalkannya, artinya tidak melayani keinginan orang Edom untuk berperang.


Bilangan 20:21 (TB)  Ketika orang Edom tidak mau mengizinkan orang Israel lalu dari daerahnya, maka orang Israel menyimpang meninggalkannya.


Pelajaran yang dapat kita ambil dari kisah di atas adalah jangan mencari lawan, sebaliknya carilah kawan. Kita mungkin menghadapi orang-orang yang membenci, melawan dan mengajak kita berantem. Tetapi ada pepatah "sing waras ngalah" artinya orang yang berpikiran sehat lebih baik tidak meladeni keinginan orang yang berpikiran tidak sehat. 


Matius 5:9 (TB)  Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah.


Bersikaplah positif, ramah dan baik hati. Jangan bersikap negatif yang memicu orang-orang untuk melawan kita. Hindarilah berantem yang disebabkan oleh persoalan sepele bahkan sampai persoalan besar. Kehidupan akan menjadi damai dan indah apabila kita memiliki banyak kawan, bukan banyak lawan. Semoga renungan pagi ini menjadi berkat. Selamat beraktifitas, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages