Perkataan Yang Menenteramkan Hati

 



Minggu, 12 Pebruari 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Bilangan 13-16


Bilangan 13:30 (TB)  Kemudian Kaleb mencoba menenteramkan hati bangsa itu di hadapan Musa, katanya: "Tidak! Kita akan maju dan menduduki negeri itu, sebab kita pasti akan mengalahkannya!"


Musa mengutus dua belas orang mewakili setiap suku Israel untuk mengintai Tanah Kanaan. Setelah empat puluh hari mereka pulang dan melaporkan hasil investigasinya. Tanah Kanaan memang subur dan makmur, mereka membawa contoh hasil Tanah Kanaan. Tetapi sepuluh orang juga membawa berita negatif atau kabar busuk, yaitu Tanah Kanaan didiami oleh orang-orang raksasa dan bangsa Israel pasti tidak akan dapat mengalahkannya. Hanya dua orang yang membawa kabar positif tentang orang-orang di Kanaan yaitu Yosua dan Kaleb.


Berita negatif yang lebih dominan membuat bangsa Israel resah, gelisah, takut dan kuatir. Sebab itu mereka bersungut-sungut kepada Tuhan. Tetapi Yosua dan Kaleb tampil di hadapan mereka dan mencoba untuk menenteramkan hati mereka. Perkataan Yosua dan Kaleb adalah perkataan iman tentang kebesaran Tuhan dan riwayat Tuhan yang selama ini menolong mereka. Pastilah mereka bisa menghadapi bangsa Kanaan karena selama ini Tuhan Allah menyertai mereka.


Di dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali berita negatif atau kabar busuk yang sering kita dengar. Apakah dari orang lain, media cetak dan eletronik atau media sosial. Berita negatif melemahkan iman sehingga timbul ketakutan dan kekuatiran. Oleh sebab itu diperlukan orang-orang yang mau maju dan tampil untuk menenteramkan orang-orang di sekitar kita.


Seperti perkataan Yosua dan Kaleb, "Kita akan maju dan menduduki negeri itu, sebab kita pasti akan mengalahkannya." Marilah kita tebarkan berita positif dan perkataan iman yang menguatkan dan menenteramkan keluarga, saudara seiman dan orang-orang di sekitar kita. Berita positif selalu datang dari firman Tuhan, sebab itu marilah kita terus mengisi kehidupan kita setiap dari dengan firman-Nya. Selamat hari Minggu, selamat beribadah. Tuhan Yesus memberkati. Amin. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages